HOME, Keluarga

Awas Jerawat! Begini Akibatnya Jika Malas Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Awas Jerawat! Begini Akibatnya Jika Malas Menghapus Makeup Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Makeup menjadi produk pamungkas bagi banyak wanita di dunia. Kehadiran makeup sangat membantu menciptakan penampilan yang paripurna. Karena sifatnya yang praktis, makeup dapat dibawa ke mana pun untuk digunakan kapan saja ketika performanya mulai memudar.

Dengan segala kelebihannya, makeup tetap saja menjadi produk yang perlu diawasi penggunaannya mengingat kandungan kimia yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan makeup dari wajah ketika sudah tidak seharusnya digunakan lagi terutama saat hendak tidur.

Pasalnya, makeup yang tidak dibersihkan sebelum tidur dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Inilah beberapa permasalahan kulit yang bisa muncul jika Moms lupa membersihkan makeup sebelum tidur dilansir dari Westlake Dermatology:

Baca Juga: Tips Membersihkan Brush Makeup dengan Benar Layaknya Profesional

Kulit kusam

Menggunakan makeup pada saat tidur dapat menghalangi kulit untuk melakukan perbaikan dan pembaruan. Apabila proses perbaikan dan pembaruan kulit terhalang, maka kulit akan berubah kusam alih-alih cerah.

Makeup yang dibawa tidur akan menempel pada area lipatan dan garis kulit wajah sehingga berpotensi mengakibatkan kulit tampak tidak bercahaya bahkan terlihat tua.

Jerawat

Makeup terutama yang berbasis minyak memang memiliki kecenderungan tinggi untuk menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun, peluang jerawat untuk datang akan lebih besar jika Moms tidur dalam kondisi masih menggunakan makeup.

Pada saat tidur, makeup akan bercampur dengan kotoran dan minyak yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Jika sudah begitu, jerawat dan komedo pun akan lebih mudah untuk menyerang.

Iritasi mata

Tidur dengan maskara dan eyeliner yang masih menempel dapat menyebabkan mata mengalami iritasi, gatal, hingga infeksi. Hal tersebut dikarenakan partikel makeup yang masih ada pada wajah dapat berpindah ke bantal sehingga rawan untuk masuk ke mata.

Parahnya, terus-terusan tidur dengan menggunakan maskara semalaman dapat menyebabkan kista pada kelopak mata. Hiii, seram…

Baca Juga: 7 Kesalahan dalam Mencuci Muka yang Sering Terjadi

Penuaan

Menggunakan makeup terlebih yang memiliki kandungan anti-aging memang sangat membantu memperlambat proses penuaan. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku jika makeup digunakan hingga Moms tidur. Bukannya awet muda, kulit Moms justru akan semakin menua.

Tidur dengan menggunakan makeup akan membuat paparan radikal bebas terkunci di permukaan kulit sepanjang malam. Akibatnya, kolagen akan pecah dan menyebabkan garis dan kerutan wajah semakin berkembang.

Kulit kering

Membawa makeup hingga tidur dapat mengeringkan kulit karena sisa makeup dapat menjadi penghalang kelembaban untuk masuk ke dalam kulit. Tak hanya itu, formula makeup yang bersifat mengeringkan juga akan semakin mengurangi kelembaban kulit.

Makeup yang dibiarkan semalaman akan membuat kulit wajah terpapar zat-zat kimia selama berjam-jam sehingga sangat mudah untuk membuat kulit menjadi kering.

Bulu mata rontok

Tak hanya berpengaruh pada kulit, tidur menggunakan makeup juga bisa membahayakan bulu mata. Penggunaan maskara secara berkepanjangan dapat membuat bulu mata menjadi terlalu kering dan mudah rapuh.

Jika Moms menjadikan tidur dengan maskara sebagai kebiasaan, maka bukan tidak mungkin jika bulu mata Moms akan mudah rontok dan menjadi sangat tipis.

Mengingat banyaknya kerugian yang bisa didapatkan, maka jangan malas untuk rutin membersihkan makeup sepulang beraktivitas dari luar dan ketika hendak tidur ya Moms. Lebih baik dipaksa walaupun lelah daripada kecantikan dan kemulusan wajah yang dikorbankan.

Selanjutnya: 5 Tips untuk Membuat Tampilan Lipstick Lebih Tahan Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News