Keluarga

Awas, Jangan Lupakan Area Ini Ketika Bersih-Bersih Rumah!

Awas, Jangan Lupakan Area Ini Ketika Bersih-Bersih Rumah!

MOMSMONEY.ID - Rumah yang bersih dan rapi sudah tentu akan membuat penghuni rumah merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya.

Namun, saat membersihkan rumah, tak jarang kita melakukan beberapa kesalahan seperti tidak sengaja melewatkan area atau tempat tertentu. Padahal, beberapa area tersebut juga rawan menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kotoran sehingga rumah tidak bersih dengan maksimal.

Dilansir dari Apartment Therapy dan Cleaners of London, berikut ini ada beberapa area atau tempat di rumah yang mungkin Anda lewatkan saat sedang membersihkan rumah.

Baca Juga: Mengenal Plus dan Minus Ranjang Kayu, Apa Saja?

Saklar lampu

Sebagai salah satu area yang sering disentuh penghuni rumah, saklar lampu menjadi tempat berkumpul bakteri dan kotoran yang dapat berpindah ke tubuh Anda dengan mudah. Jadi, Anda perlu membersihkan saklar lampu secara rutin dengan cairan pembersih seperti rubbing alcohol untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri yang menempel.

Tempat sampah

Karena digunakan untuk menampung sampah, tempat sampah dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran. Tak hanya itu, baunya pun kadang mengganggu. Anda bisa mencuci tempat sampah menggunakan air dan sabun seperti biasa, lalu semprot dengan disinfektan sebelum digunakan kembali.

Tirai atau gorden

Tirai atau gorden yang dipasang di jendela tentu akan menampung banyak debu dan kotoran dari udara luar. Jika tidak rutin dibersihkan, kualitas udara di rumah Anda tentu bisa menurun. Tergantung bahan tirai, Anda bisa membersihkan tirai menggunakan vacuum cleaner, mesin cuci, atau cukup mengelap permukaannya.

Baca Juga: Bisakah Meng-update Tampilan Rumah Tanpa Renovasi? Ini Caranya!

Bawah furnitur atau elektronik rumah tangga

Terkadang, penghuni rumah malas membersihkan kolong furnitur atau bagian bawah elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, atau oven karena sulit dijangkau. Padahal, area tersebut sama pentingnya dengan tempat lain. Anda dapat menyapu dan mengepel lantai di bawah furnitur dan alat elektronik seperti biasa, dan gunakan deep cleaning bila masih terlihat kotor.

Belakang kloset

Saat membersihkan kloset, biasanya area yang dijangkau hanya seputar bagian atas dan bagian dalamnya. Padahal, bagian bawah dan belakang kloset bisa sama kotornya dengan area tersebut. Jika bagian bawah dan belakang kloset berdebu, cukup gunakan menggunakan kemoceng atau sapu untuk menyingkirkannya.

Sela-sela sofa

Walaupun kelihatannya sempit dan sulit dijangkau, sebenarnya bagian sela-sela sofa sangat perlu dibersihkan karena dapat “menampung” kotoran seperti remah-remah makanan dan helai rambut. Anda dapat menggunakan sikat atau vacuum cleaner untuk mengeluarkan kotoran tersebut dan membersihkan sofa secara menyeluruh.

Pegangan pintu

Sama seperti saklar lampu, pegangan pintu merupakan salah satu benda yang sering disentuh penghuni rumah sehingga menjadi sarang kotoran dan bakteri. Cukup gunakan cairan pembersih atau rubbing alcohol untuk membersihkannya.

Nah, itulah beberapa area yang sering terlewat saat membersihkan rumah. Setelah ini, pastikan Anda tidak melewatkan tempat-tempat itu lagi ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News