HOME, Santai

Awas Bawa Dampak Buruk! Ini Dia Beberapa Efek Samping Melakukan Diet Air Putih

Awas Bawa Dampak Buruk! Ini Dia Beberapa Efek Samping Melakukan Diet Air Putih

MOMSMONEY.ID - Diet air atau water fasting adalah metode diet detoks yang mengizinkan pelaku dietnya hanya boleh mengkonsumsi air saja dalam kurun waktu maksimal 24-72 jam saja.

Walaupun mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh, namun diet air atau water fasting ini juga memiliki kontra atau pengaruh buruk. Terutama jika dilakukan dalam waktu yang lama dan tanpan bimbingan dari ahli maupun dokter dan ahli gizi.

Apa sajakah efek samping dan pengaruh buruk dari water fasting ini? Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Simak Beberapa Manfaat Melakukan Diet Air Putih

Defisiensi nutrisi

Hanya mengkonsumsi air saja sebagai sumber makanan bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi lain dan memicu terjadinya defisiensi nutrisi.

Padahal nutrisi penting bagi tubuh tak hanya terkandung pada air, namun juga pada makanan. Seperti vitamin, mineral, fatty acids, dan amino acids yang terkandung pada makanan.

Sakit kepala

Pusing, sakit kepala, dan berkurangnya fokus adalah suatu tanda yang disebabkan karena ektrimnya pembatasan kalori yang dilakukan.

Melansir dari laman Very Well Fit, brain fog yang terjadi di otak dapat memicu ketidak stabilan dan keseimbangan untuk mengontrol tubuh. Akibatnya fokus akan berkurang dan muncul sakit kepala.

Dehidrasi

Walaupun hanya mengkonsumsi banyak air sebagai sumber makanan, namun laman Health Line menyatakan bahwa kemungkinan dehidrasi juga masih bisa terjadi.

Hal tersebut diakibatkan karena terlalu banyaknya air yang dikonsumsi tidak sebanding dengan jumlah makanan yang dikonsumsi. Sehingga mengakibatkan tubuh malah tidak mendapatkan jumlah air yang cukup dan membuat dehidrasi.

Kehilangan berat badan

Kehilangan berat badan mungkin menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai beberapa orang yang melakukan diet. Namun dengan membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh kehilangan berat badan yang tidak sesuai dengan cepat.

Seperti contohnya kehilangan karbohidrat dan masa otot tubuh yang malah membuat penampilan tidak segar walaupun telah kehilangan berat badan dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News