Aturan Dalam Memberikan Makanan kepada Kelinci Peliharaan

Sumber: VCA Hospitals
Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:29 WIB
Aturan Dalam Memberikan Makanan kepada Kelinci Peliharaan

ILUSTRASI. Aturan Dalam Memberikan Makanan Kepada Kelinci Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Kelinci peliharaan hanya membutuhkan perawatan ringan. Akan tetapi, Anda tak boleh asal dalam memberikan makanan. Kelinci adalah hewan herbivora yang memiliki sistem pencernaan yang kompleks dan sangat efisien dalam mengolah makanan. Artinya, jika Anda sering mengganti-ganti makanan atau memberi makanan tidak tepat, ini akan membuat bakteri normal di dalam pencernaannya terganggu.

Sehari-hari, kelinci perlu diberi makanan yang sebagian besar adalah jerami, sedikit sayuran segar, dan pelet kelinci dalam jumlah terbatas. Dilansir dari VCA Hospitals, jerami rumput kaya akan serat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan kelinci.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Manusia Ini Aman untuk Diberikan ke Kucing

Jarami rumput berkualitas tinggi yang tak terbatas untuk kelinci, seperti timothy, orchad atau brome. Namun, kelinci dewasa tak dianjurkan memakan jerami alfafa karena terlalu banyak protein dan tinggi kalsium. Sementara kelinci muda yang sedang tumbuh, dapat memakan semua jenis rumput jerami.

Pelet kelinci sebenarnya baik juga. Akan tetapi, memberi makan pelet secara berlebihan pada kelinci dewasa dalam menyebabkan obesitas dan feses lunak (disebabkan oleh pertumbuhan baktei abnormal di saluran gastrointestinal). Sebab, pelet pada umumnya rendah serat dan tinggi karbohidrat,

Jika Anda ingin menerapkan makanan diet sehat untuk kelinci, Anda perlu melengkapinya dengan berbagai sayuran berdaun hijau setiap hari. Seperti sawi hijau, daun ketumbar, selada, dan sebagainya. Sementara sayuran hijau seperti collard, dendalion green, peterseli, kale, swiss chard, dan escarole, harus diberikan dalam jumlah terbatas karena mengandung kalsium yang terlalu tinggi untuk kelinci dan dapat berkontribusi pada perkembangan batu kandung kemih.

Sayuran wortel dan kentang mengandung banyak karbohidrat, sehingga perlu dihindari untuk menu diet. Perkenalkan sayur dengan perlahan dan amati fesesnya. Jika lunak dan kelinci mengalami diare, berarti kelinci tidak cocok mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik dan Bergizi untuk Kelinci Peliharaan

Mengenai vitamin tambahan, kelinci tidak benar-benar membutuhkannya karena vitamin sudah cukup mereka dapatkan dari sayur-sayuran. Anda hanya perlu menyediakan air bersih 24 jam di kandangnya. Anda dapat menaruhnya dalam bentuk botol sipper atau mangkuk air.

Selain makanan, kelinci sebenarnya memiliki kebiasaan tak lazim yang terlibat dalam coprophagy yakni memakan kotorannya sendiri. Ini dilakukan setiap malam hari saat pemilik tidak memperhatikan mereka.

Kotoran yang dimakan disebut cecotropes, kotoran cecal, atau kotoran malam. Bentuknya kecil, bulat, lembut, dan baunya manis fermentasi. Cecotropes ini berfungsi sebagai sumber nutrisi yang kaya untuk kelinci, khususnya protein dan vitamin B dan K. Hal ini normal dan Anda tak perlu khawatir.

Selanjutnya: 5 Penyebab Kucing Peliharaan di Rumah Tak Nafsu Makan

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru