ads

Aturan Dalam Memberi Makan untuk Ikan Cupang

Sumber: The Spruce Pets,Petmd
Rabu, 09 Februari 2022 | 15:13 WIB
 Aturan Dalam Memberi Makan untuk Ikan Cupang

ILUSTRASI. Aturan Dalam Memberi Makan untuk Ikan Cupang


MOMSMONEY.ID - Merawat ikan cupang memang mudah, tetapi Anda juga harus memperhatikan kesehatannya. Terutama tentang pemberian makanan sehari-hari. Setiap spesies ikan memiliki pola makan yang bervariasi. Oleh karena itu, sebagian besar pemilik mungkin memiliki kesulitan untuk menentukkan jenis makanannya, sedangkan lainnya kesulitan menentukan berapa banyak seharusnya memberi makanan. Untuk mengetahui berapa banyak seharusnya memberi makan ikan cupang, berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Persiapan Pemberian Makan Ikan Cupang

Sebelum Anda memberikan makanan, sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis makanan yang harus Anda berikan kepada mereka. Dilansir dari The Spruce Pets, sebagai ikan tropis, kebutuhan metabolism cupang mengharuskan mereka untuk memiliki kalori yang lebih tinggi dalam makanan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat protein makanan dalam ikan cupang harus sekitar 35% dan dapat berupa campuran protein nabati dan hewani.

Baca Juga: Ingin Bulu Lebat Anjing Tetap Sehat? Begini Cara Merawatnya

Ikan cupang adalah omnivora. Dalam kehidupan liarnya, mereka menikmati makanan yang terdiri dari serangga, larva serangga, dan tumbuh-tumbuhan. Namun, saat ini sudah banyak makanan pelet komersial yang diformulasikan khusus untuk cupang. Pastikan bahwa kandungan makanannya memiliki persentasi protein yang tinggi. Selain itu, juga harus mengandung vitamin, serat, fosfor, kalsium, dan karbohidrat.

Sebagai suguhan tambahan, Anda dapat memberinya makanan beku-kering dan beku berprotein tinggi, seperti udang air asin dan cacing darah. Namun, cemilan ini tidak boleh menjadi makanan utama yang dimakan sehari-hari.

Makanan beku ini harus direndam dulu untuk meningkatkan kadar air dalam makanan dan membantu mencegah kembung ikan cupang. Selalu gunakan air akuarium untuk merendam makanan beku terlebih dahulu. Hindari air keran yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: Kuning Telur Ternyata Bermanfaat untuk Makanan Bayi Ikan Cupang

Seberapa Banyak Seharusnya Memberi Makan Ikan Cupang

Perlu diketahui bahwa memberi makan ikan cupang tidak boleh sembarangan. Sebab, penyebab paling umum kasus kematian ikan cupang adalah pemberian makan yang salah. Memberi makan cupang terlalu banyak dapat menyebabkan kembung, masalah kandung kemih, dan sembelit. Sementara di luar tubuhnya, makanan sisa yang basi akan mengotori akuarium dan berakibat fatal karena lingkungan yang tercemar.

Dilansir dari Petmd, anda disarankan untuk memberi makan ikan cupang 2-4 pelet dalam sehari atau 2 kali sehari. Tak perlu khawatir ini terlalu sedikit karena pelet mengembang saat ditempatkan di air dan sangat mengenyangkan untuk satu ekor ikan cupang. Sementara makanan beku dapat diberikan sebanyak 1-2 hari per minggu 2 kali sehari. Ini juga berlaku untuk burayak (bayi) ikan cupang.

Bila kemungkinan Anda melewatkan makanan untuknya dalam sehari dua hari, ini tidak masalah karena ikan tidak akan kelaparan. Faktanya, ikan cupang dapat bertahan hidup tanpa makanan hingga 14 hari. Puasa akan baik untuk sistem pencernaannya untuk memproses makanan sepenuhnya. Ini juga dapat membatasi masalah yang terkait dengan makanan berlebihan seperti kembung dan sembelit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TERPOPULER