HOME, Keluarga

Asupan Nutrisi Alami untuk Tubuh Saat Isoman

Asupan Nutrisi Alami untuk Tubuh Saat Isoman

MOMSMONEY.ID - Saat seseorang terinfeksi Covid-19 dan diharuskan isolasi mandiri di rumah, ia harus memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh. Sebab, apa yang dikonsumsi dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk pulih lebih cepat dari infeksi virus yang masuk dalam tubuh.

Selama melakukan isolasi mandiri, pilihlah bahan makanan yang mengandung nutrisi yang baik serta makan makanan sehat untuk tubuh. Tak hanya membantu pulih dari infeksi, itu juga bisa mengurangi kemungkinan munculnya masalah kesehatan lainnya selama isolasi mandiri. 

Berikut asupan nutrisi alami untuk tubuh saat isoman yang direkomendasikan oleh WHO.

1. Minum air putih yang cukup

Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Jangan sampai tubuh mengalami kekurangan cairan. Air putih adalah minuman paling sehat dan termurah, kapan pun tersedia dan aman untuk dikonsumsi. Minum air putih sebagai pengganti minuman manis adalah cara sederhana untuk membatasi asupan gula dan kalori berlebih. Selain murah, air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

2. Kurangi asupan garam

Syarat pertama makanan selama isolasi mandiri adalah dengan membatasi asupan garam hingga 5 gram (setara dengan satu sendok teh) dalam sehari. Gunakan garam, saus atau bumbu asin seperti kecap asin, kaldu, dan kecap ikan saat menyiapkan makanan namun jangan berlebihan. Jika selama isolasi mengkonsumsi makanan kaleng atau kering, pilihlah jenis sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang tidak mengandung tambahan garam dan gula.

 Baca Juga: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

3. Batasi asupan gula

Selama isolasi mandiri juga tetap harus membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Batasi untuk mengkonsumsi minuman bersoda, jus kemasan, teh, dan kopi yang mengandung banyak gula. Selain itu makan makanan yang mengandung gula murni seperti buah-buahan. Makan buah-buahan secara rutin juga akan memenuhi asupan nutrisi alami untuk tubuh saaat isoman. 

Saat isoman, makanan yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar makanan yang sehat dan kurangi makanan junk food. Beri asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh. 

Selanjutnya: Arti Warna Feses untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News