HOME, Bugar

Asam Lambung Naik? Inilah Langkah Sederhana Mengatasinya

Asam Lambung Naik? Inilah Langkah Sederhana Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Asam lambung diperlukan tubuh untuk membantu mencerna makanan yang Anda konsumsi dan perlu merawatnya dengan baik.

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan produksi asam lambung berlebih yang mengakibatkan masalah sistem pencernaan.

Asam lambung ini, bahkan bisa naik hingga ke kerongkongan yang sering disebut dengan istilah GERD. 

Hal yang penting dilakukan seseorang dengan penyakit asam lambung yaitu mengatur gaya hidup untuk mencegah asam lambung naik terjadi.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Gejala Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang sedang Anda rasakan, antara lain:  

1. Makan dengan teratur

Langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang pertama adalah makan teratur. Pola makan yang tidak teratur bisa menjadi penyebab utama mengalami asam lambung.

Jadi, mulai sekarang, biasakanlah makah lebih teratur. Hindari makan terlambat, apalagi mengonsumsi makanan yang menjadi pemicu asam lambung.

Jangan lupa, hindari makan setidaknya dua jam sebelum pergi tidur karena ini pun memicu terjadinya kenaikan asam lambung. 

2. Perhatikan porsi makanan

Langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang kedua adalah memperhatikan porsi makan. Kalau lapar, Anda pasti akan tergoda untuk makan dengan porsi yang lebih besar.

Jangan salah, meski Anda merasa kenyang, makan dengan porsi yang berlebihan justru memicu terjadinya refluks asam atau naiknya asam lambung.

Jadi, usahakan untuk tidak makan terlambat, dan sebaiknya makanlah dengan porsi kecil, tetapi dalam frekuensi yang lebih sering. 

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

3. Jangan minum air terus-terusan saat makan

Langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang ketiga adalah jangan minum air terus-terusan saat makan. 

Ada beberapa orang yang mengonsumsi terlalu banyak air putih untuk mendorong makanan cepat masuk ke bagian pencernaan.

Padahal, ini akan mencairkan asam lambung, sehingga makanan yang masuk ke tubuh jadi lebih sulit dicerna. Boleh saja kamu minum di saat kamu makan, tetapi jangan kebanyakan. 

4. Kunyah makanan dengan benar

Langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang terakhir adalah kunyah makakan dengan benar. 

Ini memang sangat sepele, tetapi mengunyah makanan dengan benar itu membantu pencernaan lebih mudah dalam mencerna makanan yang masuk ke tubuh.

Alhasil, risiko refluks asam atau naiknya asam lambung pun bisa dihindari, sehingga risiko terjadinya GERD pun bisa dicegah. 

Dengan perubahan kecil ini, Anda dapat mengatasi penyakit asam lambung atau GERD. Jika penyakit asam lambung kamu cukup berat dan sulit diatasi dengan cara di atas, maka sebaiknya tanya dokter 

Itulah beberapa langkah sederhana mengatasi gejala asam lambung yang bisa Anda lakukn secara rutin dan jadikan kebiasaan baik yang harus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News