HOME

Arus Balik Padat, Ini Tips Bagi Pengendara Agar Perjalanan Aman

Arus Balik Padat, Ini Tips Bagi Pengendara Agar Perjalanan Aman

MOMSMONEY.ID - Arus balik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 6-8 Mei. Pemerintah memprediksi terjadi kepadatan sehingga warga yang ingin pulang ke rumahnya masing-masing untuk mengatur waktu perjalanannya. 

Selain puncak arus balik yang perlu diantisipasi pemudik, tentunya juga diperlukan sejumlah persiapan agar perjalanan kembali ke daerah asal dapat lancar dan selamat. 

Bagi masyarakat yang akan kembali ke daerah asal bisa memperhatikan tips mudik sehat dan mudik aman dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan Jasa Marga berikut ini, agar perjalanan lancar dan aman sampai tujuan. 

1. Kendaraan yang layak 

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau kepada masyarakat untuk menyiapkan kendaraan agar layak digunakan pada saat pulang dari kampung halaman. 

"Tips mudik aman saat pandemi, yang pertama siapkan kendaraan Anda," kata Irjen Firman dalam keterangan video yang diterima, Selasa (3/5). 

Berikutnya, pemudik diminta meyakinkan dirinya agar siap kondisi fisik ketika berkendara selama arus balik. Tidak hanya pengendara atau pengemudi, penumpang juga perlu menyiapkan kondisi fisiknya agar sehat selama perjalanan pulang. 

Baca Juga: Mudik Lebaran, Simak 6 Cara Mencegah Anak Mabuk Perjalanan!

Selanjutnya, ketika di perjalanan, pemudik diminta mengikuti arahan atau petunjuk petugas di lapangan. "Dan jangan lupa beli oleh-oleh UMKM di daerah asal," imbuh Firman. 

2. Siapkan saldo e-toll 

Selain Korlantas, pihak yang ambil peran dalam pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2022 yaitu PT Jasa Marga (Persero). Jasa Marga mengimbau para pemudik untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini agar mudik berjalan aman dan sehat. 

Pertama, pemudik diminta menyiapkan uang elektronik milik pribadi. Hal tersebut untuk menghindari pemudik meminjam uang elektronik dari pengendara lainnya.

"Tips mudik, satu, pastikan uang elektronik yang digunakan adalah uang sendiri, uang elektronik milik sendiri. Jangan meminjam dari uang elektronik milik kendaraan lain," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga, Fitri Wiyanti dalam keterangan video, Selasa. 

Selanjutnya, pemudik juga diminta memastikan bahwa saldo uang elektronik tersebut bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di tol. Artinya, saldo yang ada masih tersedia untuk pembayaran. "Dan juga pastikan pada saat di gardu masuk dan gardu keluar menggunakan uang elektronik yang sama," tambah Fitri. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada masyarakat bahwa prediksi puncak arus balik Lebaran 2022 bakal terjadi pada 6 Mei hingga 8 Mei 2022. Oleh karena itu, Jokowi mengimbau agar masyarakat menempuh perjalanan balik lebih awal. 

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022," kata Jokowi dalam video yang diunggah melalui YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa (3/5). 

Selain itu, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk mengurai kemacetan arus mudik maupun arus balik. Menurutnya, kebijakan ganjil genap, one way atau satu arah dan larangan truk masuk tol tetap diberlakukan saat arus balik. "Kebijakan ganjil genap, satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan agar masyarakat tetap nyaman," tambahnya.

Baca Juga: Terjebak Macet Arus Balik Lebaran? Tenang, Lakukan 5 Aktivitas Anti Bosan Ini Yuk!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Balik Lebaran Diprediksi Padat, Ini Tips untuk Pengguna Kendaraan" 
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Diamanty Meiliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News