Bugar

Aromanya Wangi, Ketahui 5 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Aromanya Wangi, Ketahui 5 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Biasanya, daun pandan diolah menjadi bahan tambahan masakan. Ternyata sudah sejak lama daun pandan dimanfaatkan banyak wanita untuk merawat kecantikan kulit dan rambut, loh. Ekstrak daun pandan juga sering ditambahkan sebagai bahan utama produk kecantikan.

Lebih jelasnya, berikut manfaat daun pandan untuk kecantikan dilansir dari laman manfaat.co.id, yaitu: 

1. Menghaluskan Kulit

Manfaat pertama daun pandan untuk kecantikan yaitu menghaluskan kulit. Mendapatkan kulit halus bisa dengan melakukan penguapan pada wajah menggunakan rebusan air pandan. Uap air akan masuk ke dalam pori-pori kulit, membersihkannya dan kemudian mengecilkannya sehingga kulit terlihat lebih halus dan mulus.

2. Menghilangkan Komedo

Selanjutnya, daun panda bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Jika Anda memiliki masalah komedo, daun pandan bisa dijadikan sebagai masker alami. Mendapatkan tekstur kental yang tepat untuk masker dan hasil optimal Anda bisa menambahkan manfaat madu atau minyak zaitun.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Kenali 4 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit Wajah

3. Sebagai Body Scrub

Daun pandan bisa Anda jadikan sebagai body scrub, loh. Body scrub dari daun pandan membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Jika tidak dihilangkan, sel-sel kulit mati akan menutupi pori-pori sehingga menimbulkan lebih banyak masalah kulit, seperti kulit kusam dan kering. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun pandan untuk kecantikan berikutnya adalah bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan daun panda mengandung antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel sehingga dapat menghambat terjadinya penuaan dini. Daun pandan seperti ramuan awet muda yang setiap wanita idam-idamkan.

5. Mengatasi Ketombe dan Kerontokan Rambut

Selain pada kulit, daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Daun pandan mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok. Daun pandan bisa diolah menjadi masker rambut. Caranya, haluskan daun pandan kemudian aplikasikan ke kulit kepala Anda. Lalu, diamkan beberapa menit selanjutnya bilas rambut sampai bersih. Hasilnya, rambut terhindar dari masalah ketombe dan rambut rontok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News