HOME, Keluarga

Area Terbaik Memajang Tanaman Hias, Rumah Tampak Cantik dan Segar

Area Terbaik Memajang Tanaman Hias, Rumah Tampak Cantik dan Segar

MOMSMONEY.ID - Bagi para penggemar tanaman hias, bagian dalam atau interior rumah merupakan salah satu tempat terbaik untuk memajang koleksi tanaman hias. Namun, tidak semua area di rumah cocok didekorasi dengan tanaman hias.

Melansir Gardening Know-How, hal itu disebabkan oleh kebutuhan cahaya matahari yang berbeda-beda pada setiap tanaman. Jadi, untuk menentukan area terbaik untuk setiap tanaman, Anda perlu mengetahui kebutuhan tanaman tersebut serta intensitas cahaya matahari di rumah.

Ingin tahu area mana saja yang cocok untuk setiap tanaman hias di dalam rumah? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Asri, Ini Tips Menata Tanaman Hias Pot di Teras

Sisi timur rumah

Melansir Plant Maid, sisi timur rumah biasanya akan mendapatkan cahaya matahari pagi selama kira-kira 5 jam. Jadi, di area ini, Anda akan mendapatkan banyak cahaya terang secara tidak langsung (indirect light).

Ada beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan di area ini, seperti palem bambu, rubber plant, tanaman herba, hingga bunga bird of paradise (bunga cenderawasih).

Sisi selatan rumah

Di wilayah bumi bagian utara, sisi selatan rumah akan mendapatkan cahaya matahari selama kira-kira 8 jam-12 jam. Oleh karena itu, area ini memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi (very bright light).

Beberapa tanaman hias yang cocok untuk area ini adalah kaktus dan sukulen. Jika Anda ingin menempatkan tanaman lainnya di area ini, cukup pindahkan tanaman sehingga menjauh dari jendela. Tanaman akan tetap mendapatkan cahaya yang tidak terlalu intens.

Baca Juga: Yuk, Kenali Ragam Gaya Taman untuk Rumah Anda!

Sisi utara rumah

Di wilayah bumi bagian utara, sisi utara rumah biasanya tidak mendapatkan banyak cahaya matahari. Anda dapat menempatkan tanaman yang menyukai intensitas cahaya rendah (low light), misalnya ZZ plant, lidah mertua, pothos, philodendron, hingga spider plant.

Namun, di wilayah bumi bagian selatan, sisi utara rumah justru akan memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi, sehingga lebih cocok untuk sukulen dan kaktus.

Baca Juga: 3 Tips Menggunakan Warna Putih ala Feng Shui, Bikin Rumah Cerah!

Sisi barat rumah

Pada dasarnya, sisi barat rumah mendapatkan cahaya matahari sore selama kurang lebih 5 jam. Namun, dibandingkan dengan sisi timur rumah, suhu udara di siang hingga sore hari jauh lebih panas sehingga intensitas cahayanya sedikit lebih tinggi.

Jadi, di area rumah ini, pastikan Anda menempatkan tanaman yang menyukai banyak cahaya matahari. Atau tempatkan tanaman hias yang menyukai pencahayaan medium seperti peace lily dan monstera dengan posisi yang agak menjauh dari jendela.

Itulah beberapa area yang cocok untuk setiap tanaman hias di rumah. Penjelasan di atas sebenarnya tidak bersifat mutlak, sehingga jangan takut untuk bereksperimen hingga menentukan posisi tanaman yang tepat di setiap area rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News