HOME, Santai

Arabica, Robusta, dan Liberica, Sudah Tahu Bedanya Biji Kopi Tersebut?

Arabica, Robusta, dan Liberica, Sudah Tahu Bedanya Biji Kopi Tersebut?

MOMSMONEY.ID - Tak hanya minuman kopi yang memiliki beragam jenis dan rasa. Biji kopi pun memiliki beberapa jenis juga.

Biji kopi yang paling umum dikenal adalah Arabica dan Robusta. Namun ada satu lagi biji kopi yang juga patut Anda ketahui yaitu Liberica. Tak semua orang awam mengenal perbedaan ketiga jenis biji kopi tersebut.

Namun untuk menambah pengetahuan Anda mengenai kopi, berikut ini adalah perbedaan dari ketiga biji kopi tersebut.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Minuman Kopi Espresso, Ristretto, dan Lungo

Arabica

Ciri khas dari biji kopi Arabica adalah bentuknya yang oval dan datar. Rasa yang mungkin dihasilkan dari biji kopi Arabica didominasi oleh rasa asam dan manis namun lembut ketika diminum. 

Biji kopi Arabica juga memiliki aroma yang sangat enak. Bahkan aroma yang menyegarkan juga bisa dinikmati dari proses ekstraksi biji kopi ini. Tingkat kafein yang dihasilkan biji kopi ini leih sedikit dibandingkan dengan biji kopi lain.

Robusta

Biji kopi Robusta memiliki bentuk bulat dan lebih gendut daripada biji kopi Arabica. Biji kopi ini menghasilkan rasa dengan dominan rasa bittersweet atau pahit namun masih memiliki sedikit rasa manis. 

Baca Juga: Sama-Sama Segar, Ternyata Cold Brew Berbeda Dengan Iced Coffee

Selain itu rasa coklat, kacang, dan sedikit terasa kering pada saat akhir. Ini dikarenakan oleh tingginya konsentrasi kafein dibandingkan gula atau rasa manis yang dihasilkan biji kopi ini. Aroma yang dihasilkan bijikopi ini juga tidak terlalu intense seperti biji kopi Arabica.

Liberica

Selanjutnya ada biji kopi Liberica yang memiliki bentuk biji kopi yang besar, tidak simetris, dan bentuknya terlihat seperti bentuk air mata. Aroma yang dihasilkan oleh biji kopi ini cukup intense seperti biji kopi Arabica.

Biji kopi ini menghasilkan rasa yang kuat dengan dominan smokey dan sedikit ada rasa rempah-rempah. Rasanya dan aroman biji kopi Liberica hampir sama seperti rokok. Namun biji kopi ini memiliki tingkat kafeine yang lebih rendah dibanding Arabica dan Robusta. 

Selanjutnya: Jangan Biarkan Ketombe Menyerang, Ketahui 4 Penyebab Rambut Berketombe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News