Keluarga

Apakah Tidur Di Dekat HP Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Jawabannya

Apakah Tidur Di Dekat HP Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Anda tentu pernah mendengar pro dan kontra mengenai bahaya tidur di dekat handphone (HP). Ada yang mengatakan tidur di dekat HP bisa menyebabkan sakit kepala hingga kanker. 

Melansir Bedroom Style Reviews, tidur di dekat handphone bisa berbahaya jika gawai Anda dalam keadaan sedang mengisi daya. Sebab dalam kondisi mengisi daya, handphone Anda berisiko menyebabkan kebakaran. 

Sementara itu hanya ada bukti ilmiah yang lemah mengenai hubungan tidur di dekat HP dapat menyebabkan sakit kepala.  Serta belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan tidur di dekat HP bisa menyebabkan kanker. Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering, Apa Saja?

1. Tidur di dekat HP tidak menyebabkan kanker

Apakah bahaya tidur di dekat HP salah satunya menyebabkan kanker?  Saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menyatakan tidur di dekat HP berbahaya, bisa menyebabkan kanker.

HP menggunakan radiasi elektromagnetik non-ion yang dikenal dengan nama gelombang frekuensi radio. Radiasi ini digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dari tiang sinyal terdekat melalui SIM Card transceivers. 

HP dengan jaringan seluler 2G, 3G dan 4G menggunakan gelombang frekuensi radio 0,7 hingga 2,7 GHz. Sementara gawai dengan jaringan seluler 5G menggunakan frekuensi hingga 80 GHz. Semua frekuensi ini memiliki energi yang rendah dan berada di rentang spektrum non-ion  elektromagnetik. 

Perlu diketahui radiasi non-ion berbeda dngan radiasi ion sepertu ultraviolet rays, x-rays dan gamma rays. Radiasi ion berpotensi menghancurkan ikatan biokimia struktural dari materi genetika seperti DNA dan RNA. Sehingga ini bisa berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan kanker.

Sementara itu elektromagnetik non-ion yang ada pada HP memiliki potensi yang sangat lemah. elektromagnetik ini juga tiak bisa secara langsung mengubah materi genetik di sel kita. Kesimpulan ini pernah dipublikasikan oleh The US Food and Grug Administration  pada rentang 2008-2018. 

Hal lain yang dikhawatirkan membahayakan saat tidur di dekat HP adalah cahaya biru yang dipancarkan lewat layar HP. Namun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang kuat apakah cahay biru dari HP bisa bersifat karsinogenik. 

Baca Juga: Ingin Tahu Kepribadian dari Warna Favorit Anda? Cari Tahu di Sini

2. Tidur di dekat HP bisa berbahaya karena menyebabkan sakit kepala

Tak jarang Moms pasti mendengar bahwa bahaya tidur di dekat HP salah satunya bisa menyebabkan sakit kepala. Ada beberapa bukti yang mengatakan gelombang frekuensi radio dapat mempengaruhi pola tidur manusia.

Namun belum ada relevansi secara klinis yang pasti, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan tidur di dekat HP bisa menyebabkan sakit kepala.

Berdasarkan studi yang dilakukan di antara pasien yang menderita migren ditemukan bahwa penggunaan HP diasosiasikan pada peningkatan durasi dan frekuensi sakit kepala, kualitas tidur yang buruk dan mudah mengantuk di siang hari. 

Beberapa penelitian juga percaya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi apakah tidur di dekat HP bisa menyebabkan sakit kepala atau tidak. Misalnya jenis HP yang Anda gunakan, jumlah trasceiver kartu SIM yang ada di HP Anda, jarak Anda dengan HP saat tidur dan intensitas cahaya yang dipancarkan dari layar ddiapat mempengaruhi tidur Anda dan bagi beberapa orang bisa menyebabkan sakit kepala. 

Beberapa orang yang sensitif dengan radiasi elektromagnetik biasanya mengeluhkan kelelahan, pusing dan kesulitan konsentrasi bersamaan dengan sakit kepala. Gejala ini dapat dipicu oleh paparan medan frekuensi radio dan terkadang dapat memburuk jika paparan berkepanjangan. 

3. Tidur di dekat HP bisa menyebabkan kebakaran

Bahaya tidur di dekat HP bisa terjadi jika gawai Anda dalam kondisi sedang mengisi daya. HP yang sedang mengisi daya bisa menyebabkan kebakaran. 

Mengisi daya HP semalaman di dekat kasur bisa berbahaya karena baterai mengeluarkan panas. Dan jika bersentuhan dengan sprei, panas akan tertahan dan akhirnya menyebabkan kebakaran. 

Sebuah survei yang dilakukan Electrical Safety First melaporkan bahwa sering kali orang tidur di samping ponsel sembari melakukan pengisian daya. 53% remaja dan dewasa muda sering melakukan kebiasaan ini dan sekitar 38% dari mereka menyimpan HP yang sedang diisi dayanya di bawah bantal. 

Lalu apakah sebaiknya Moms tidak tidur di dekat HP? Untuk menghindari bahaya tidur di dekat HP, Anda setidaknya harus memberi jarak sekitar 91 cm dari tempat tidur.

Kemudian jika Anda membutuhkan alarm dari HP, untuk menjaga risiko bahaya tidur di dekat HP silakan aktifkan airplane mode atau do not disturb (DND). Ini untuk menjaga tidur Anda supaya tidak terganggu. 

Jika Anda suka mendengarkan musik sebelum tidur, hindari menggunakan headset. Lebih baik menggunakan mode speaker atau headphones. 

Baca Juga: Promo HUT BCA 66 Tahun di Chatime, Gokana, hingga Subway Periode 21-22 Februari 2023

Kemudian hindari menggunakan HP saat sinyal lemah, apalagi Anda sensitif pada elektromagnetik. Juga batasi waktu menggunakan HP sebelum tidur untuk mengurangi terpaan radiasi cahaya biru dari layar digital HP Anda atau nyalakan night mode. 

Terakhir untuk mengurangi bahaya tidur di dekat HP, hindari kondisi HP yang terlalu panas. Sehingga jangan mengisi daya HP saat Anda akan tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News