Bugar

Apakah Pepaya Bagus untuk Diet? Cek Juga Buah Terbaik untuk Diet Lainnya

Apakah Pepaya Bagus untuk Diet? Cek Juga Buah Terbaik untuk Diet Lainnya

MOMSMONEY.ID - Diet merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menurunkan berat badan ataupun untuk menjaga kesehatan tubuh. Diet erat kaitannya dengan makanan. Makanan sehat dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet, termasuk buah seperti pepaya. Namun, apakah pepaya bagus untuk diet?

Pepaya mungkin tidak secara langsung menurunkan berat badan, namun komposisi nutrisinya dapat mendukung diet sehat untuk menurunkan berat badan. Melansir dari Healthline, pepaya kaya akan serat.

Selain itu, pepaya mengandung banyak air dan rendah kalori, sehingga bisa memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori. Satu cangkir pepaya potong dadu hanya mengandung 62 kalori.

Serat memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu mempertahankan berat badan yang sehat, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi risiko makan berlebihan.Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa asupan serat dapat menjadi prediktor keberhasilan penurunan berat badan, terlepas dari pola diet seseorang.

Baca Juga: Sedang Diet Karbo? Hati-hati dan Hindari Makanan Berikut Ini Biar Tidak Gagal!

Orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat lebih mungkin mencapai penurunan berat badan dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit serat.Meskipun demikian, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa pepaya dapat menurunkan berat badan atau membakar lemak.

Anda tak perlu khawatir, sebab masih ada buah terbaik untuk diet lainnya yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini Momsmoney rangkumkan untuk Anda, mengutip dari laman Very Well Health:

1. Jeruk Bali

Setengah jeruk bali mengandung 53 kalori, 12 gram gula, hampir 2 gram serat, dan 91% air. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jeruk bali segar dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Apel

Satu apel berukuran sedang mengandung 95 kalori, 19 gram gula, dan 3 gram serat. Buah tinggi serat dan rendah GI seperti apel dapat membantu mengelola gula darah dan berat badan.

Baca Juga: Daftar Makanan Diet Karbo untuk Menurunkan Berat Badan, Konsumsi yuk

3. Alpukat

Alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 240 kalori, namun hanya memiliki 0,4 gram gula. Konsumsi alpukat secara teratur dikaitkan dengan prevalensi kelebihan berat badan yang lebih rendah dan membantu mencegah kenaikan berat badan.

4. Pir

Pir berukuran sedang mengandung 100 kalori, 17 gram gula, dan 5,5 gram serat. Pir merupakan makanan rendah GI yang tinggi serat, yang dapat mencegah lonjakan gula darah dan penambahan berat badan.

Baca Juga: Lemak Rontok dan BB Turun, Konsumsi Infused Water untuk Diet Ini yuk!

5. Raspberry

Secangkir raspberry mengandung sekitar 64 kalori, 5 gram gula, 8 gram serat, dan 86% air. Kombinasi serat tinggi dan kalori rendah membantu mengendalikan rasa lapar dan berat badan.

6. Jeruk

Satu jeruk mengandung sekitar 62 kalori, 12 gram gula, dan 3 gram serat, serta 87% air. Flavonoid dalam jeruk dapat membantu dalam pengelolaan obesitas.

Baca Juga: 10 Ramuan Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah Dibuat Lo

7. Pisang

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori, 14 gram gula, 3 gram serat, dan 75% air. Penelitian menunjukkan bahwa pisang dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit, meski hubungannya tidak sekuat apel, pir, dan buah beri.

8. Kiwi

Satu kiwi mengandung sekitar 42 kalori, 6 gram gula, 2 gram serat, dan kadar air 84%. Penelitian menunjukkan bahwa kiwi dapat membantu dalam manajemen berat badan.

Baca Juga: Ampuh Bikin BB Cepat Turun, Konsumsi Jus yang Cocok untuk Diet Ini

Demikianlah pembahasan terkait apakah pepaya bagus untuk diet atau tidak serta beberapa rekomendasi buah terbaik untuk diet lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News