Keluarga

Apakah Kitchen Island Akan Segera Ditinggalkan Dalam Dekorasi Dapur?

Apakah Kitchen Island Akan Segera Ditinggalkan Dalam Dekorasi Dapur?

MOMSMONEY.ID -  Dapur modern biasanya dilengkapi dengan kitchen island yang serbaguna. Namun, apakah tren menggunakan kitchen island akan segera ditinggalkan? 

Kita semua pernah mendengar istilah dapur adalah jantung sebuah rumah. Jadi tak salah jika Anda ingin serba sempurna saat mendekor dapur. Salah satu elemen yang tak boleh dilewatkan saat mendekor dapus tentu saja kitchen island. 

Baca Juga: Sebut AS Bangkrut, Ini Saran Robert Kiyosaki untuk Para Investor

Melansir House Beautiful, kitchen island adalah area kerja untuk menyiapkan masakan yang juga berfungsi sebagai tempat untuk duduk. Kitchen island memberikan ruang ekstra untuk tempat makan yang tidak terlalu formal sebagai pengganti meja makan tradisional. 

Namun pernah kah Anda merasa terkadang keberadaan kitchen island membuat ruang gerak di dapur jadi terbatas? Lokasinya yang berada di tengah dapur dan cukup besar jadi salah satu penyebabnya. Lalu apakah tren menggunakan kitchen island akan segera ditinggalkan?

Pendiri Marian Louise Design Mii Meacham menjelaskan kitchen island dengan kursi tinggi memberikan keuntungan bagi Anda sebagai tempat duduk tambahan untuk bersantai di dapur. Bisa digunakan untuk anak-anak sarapan atau kekasih Anda sembari mengobrol dengan Anda yang sedang masak. 

Penggunaan kitchen island sendiri sudah ada sejak awal abad ke-19. Kitchen island biasaya digunakan oleh keluarga kaya Eropa untuk meja kerja para pelayang menyiapkan makanan di depan kompor. Saat itu anggota keluarga jarang mengunjungi dapur. Sehingga kitchen island hanya digunakan untuk para pelayan. 

Berbeda dengan saat ini, kitchen island menjadi ciri khas di banyak dapur luas. Di mana para anggota keluarga menghabiskan sebagian besar waktunya di dapur. 

Market Director House Beautiful Carisha Swanson mengatakan tren menggunakan kitchen island sepertinya belum akan ditinggalkan. Kitchen island akan terus diintregasikan ke dalam dapur selama bertahun-tahun yang akan datang, namun fungsinya bisa mengalami perubahan. 

“Misalkan kitchen island akan mulai digunakan kembali sesuai fungsinya tanpa tempat duduk,” ungkap Carisha.

Baca Juga: Ini Daftar 10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Nomor Satu India

Kitchen island tidak akan ditinggalkan namun fungsinya bisa juga berubah menjadi penutup peralatan di bawah meja. Termasuk untuk menutupi lemari es dan mesin cuci piring. 

Terlepas dari bagaimana setiap keluarga menggunakan kitchen island, ada hal yang perlu Anda catat sebelum membelinya. Sebelum membelinya pastikan Anda memiliki jarak antara kitchen island dengan meja atau kabinet di sekitarnya minimal satu meter. Tujuannya untuk membentuk jalan setapak yang nyaman untuk beraktivitas. 

Meski begitu, kitchen island bukan ide terbaik jika keluarga Anda menggunakan waktu makan untuk saling bertemu. Ini menjadi alasan kenapa meja makan tradisional dikelilingi oleh kursi, supaya seluruh anggota keluarga benar-benar duduk dan tidak berlalu lalang seperti saat memasak di dapur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News