Santai

Apakah Kipas Angin Plafon Boleh Dinyalakan Lebih Dari 8 Jam Setiap Hari?

Apakah Kipas Angin Plafon Boleh Dinyalakan Lebih Dari 8 Jam Setiap Hari?

MOMSMONEY.ID - Kipas angin merupakan penyejuk udara yang dimiliki hampir setiap orang. Selain mudah dirawat, kipas angin juga mempunyai lebih terjangkau dibanding air conditioner (AC).

Salah satu jenis kipas yang banyak dipakai orang adalah kipas angin langit-langit atau plafon. Jenis kipas satu ini memiliki jangkauan udara yang luas sehingga dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk.

Di sisi lain, kipas angin juga berfungsi untuk mencegah stagnasi udara yang membuat ruangan terasa pengap.  Aliran udara dari bilah kipas angin tersebut membantu mempercepat penguapan keringat sehingga kulit akan terasa lebih sejuk.

Namun, apakah boleh menyalakan kipas angin plafon secara terus-menerus, terutama ketika cuaca sedang sangat panas?

Menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya boleh saja menyalakan kipas angin dalam waktu lama, tetapi ada batasannya. Umumnya, kamu boleh menyalakan kipas plafon selama kurang lebih 8 jam. Meski begitu, ingat untuk terus menjaga kebersihan dan merawat kipas plafon dengan baik.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kipas angin plafon yang dinyalakan terlalu lama bisa membuat bagian bilah kipas mengalami gesekan. Akhirnya, kipas yang bergerak dan bergesek satu sama lain ini akan menghasilkan panas pada dinamo.

Apalagi, jika bilah kipas diselimuti banyak debu yang mengganggu perputaran kipas. Tentu, hal ini dapat menimbulkan kerusakan dan meningkatkan risiko mesin terbakar jika dibiarkan begitu saja. Jadi, lebih baik bila kamu mematikan kipas angin plafon saat tidak ada orang di rumah atau sudah tidak digunakan.

Nah, bila kamu sedang mencari kipas angin berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari kipas angin meja, kipas angin plafon, hingga kipas angin berdiri, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan home living lainnya dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa,Informa Electronics, Informa Sleep, Krisbow, ACE, Selma, Ataru, Chatime, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News