Bugar

Apakah Jengkol Menyebabkan Asam Urat? Ini 10 Makanan Sehat untuk Asam Urat

Apakah Jengkol Menyebabkan Asam Urat? Ini 10 Makanan Sehat untuk Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Apakah jengkol menyebabkan asam urat? Cari tahu informasi selengkapnya, yuk!

Penyakit asam urat atau dalam dunia medis disebut dengan gout adalah salah satu jenis penyakit radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat.

Asam urat dapat menumpuk karena tubuh menghasilkan asam urat yang berlebihan atau adanya gangguan dalam membuang kelebihan asam urat. 

Hal ini bisa memicu timbulnya kadar asam urat meningkat dalam darah yang menimbulkan keluhan nyeri, bengkak, merah dan hangat pada sendi. 

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, asam urat bisa terjadi kapan saja, namun penyakit asam urat ini dapat muncul dan semakin parah setelah terkena menopause.

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian yang meradang.

Baca Juga: Penyebab Benjolan di Ketiak & Penyakit yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak

Apakah jengkol menyebabkan asam urat? 

Salah satu penyebab terjadi penumpukan kristal asam urat ini adalah mengonsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, jeroan makan hidangan laut.

Sedangkan jengkol merupakan makanan yang memiliki bau khas beberapa orang sangat menyukainya untuk menambah nafsu makan.

Jengkol mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidraym protein, lemak vitamin dan mineral yang dapat memberikan manfaat jika dikonsumsi sewajarnya atau secukupnya.

Namun, jika berlebihan bisa menyebabkan kondisi gangguan pada saluran kemih. Jadi, jengkol aman dikonsumsi penderit asam urat.

Asalkan pada penderita asam urat diimabngi dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan juga menjaga pola hidup sehat dan tidak lupa olahraga dengan rutin.

Bukan hanya jengkol, terdapat  beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, antara lain:

  1. Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  2. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.
  3. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut, misalnya, teri, sarden, kerang, atau tuna.
  4. Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  5. Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Baca Juga: Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi pada Wanita

Salah satu mencegah asam urat kambuh adalah menjaga pola makan dan juga mengonsumsi buah dan sayur yang sehat untuk asam urat.

Ada beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi guna mengatasi keluhan yang muncul.  

Dikutip dari Health Focus dan Medical News Today, berikut daftar makanan sehat untuk penderita asam urat, antara lain:  

1. Ubi jalar

Makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat pertama adalah ubi jalar. Sayuran yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin paling rendah. 

Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Ubi jalar dan wortel termasuk ke dalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

2. Teh hijau

Makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat kedua adalah teh hijau. Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. 

Teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Senyawa ini mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh dan bisa meluruhkan batu dalam ginjal. 

3. Yoghurt

Makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat selanjutnya adalah yogurt. Selain aman, yoghurt rendah lemak juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit asam urat. 

4. Terong dan tomat

Makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat keempat adalah terong dan tomat. Tak hanya rendah purin, terong dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. 

Baca Juga: Daftar Obat Alami Asam Urat, Cara Efektif Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

5. Kacang-kacangan

Makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat kelima adalah kacang-kacangan. Penderita asam urat umumnya dianjurkan untuk menjauhi protein hewani. 

Agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga, konsumsi kacang-kacangan dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan kacang termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi. 

6. Apel

Buah apel bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk para penderita penyakit asam urat.

Buah apel memiliki kandungan yang dinamakan dengan zat asam malat yang bisa membantu menyembuhkan asam urat di dalam tubuh.  

Selain itu zat asam malat juga membantu menyembuhkan asam urat yang dibuang melalui urin saat buang air kecil.  

7. Buah delima

Buah delima bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan asam urat. Buah yang memiliki rasa khas ini berfungsi mengurangi plak dalam arteri, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai buah untuk menyembuhkan asam urat.  

Baca Juga: Daftar Obat Asam Urat di Apotik, Cara Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

8. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi, ikan salmon cocok untuk dikonsumsi untuk menyembuhkan asam urat. 

Ikan salmon ini memilik kadar purin yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat.    

9. Pisang

Buah pisang terdapat setidaknya kandungan seperti kalium tinggi, gula rendah, dan kadar alkali tinggi sehingga mampu menyembuhkan asam urat.  

Zat kalium di dalam buah pisang merupakan sumber kalium tertinggi dari seluruh buah yang ada dan zat kalium ini mampu menyembuhkan asam urat dan membuangnya melalui urin.  

10. Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula dan kalori rendah, sehingga mampu menjadi makanan untuk menyembuhkan asam urat di dalam tubuh. 

Selain lebih sehat, beras merah ini juga mampu memberikan energi yang tinggi bagi para penderita asam urat.  

Jika sudah mengetahui beberapa makanan yang bisa menyembuhkan asam urat, selanjutnya hal yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsinya secara rutin.  

Asam urat tidak bsia sembuh begitu saja, perlu adanya usaha untuk membantu dalam proses penyembuhannya.

Selain mengonsumsi resep obat dari dokter, alangkah baiknya juga diimbangi dengan mengonsumsi makaan sehat untuk asam uat agar bisa membantu dalam proses pengobatan. 

Itulah penjelasan tentang jengkol menyebabkan asam urat dan sederet makanan sehat untuk asam urat yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News