Bugar

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Nanas? Ini Penjelasannya

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Nanas? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Saat hamil, Anda akan mendengar banyak masukan dan pendapat dari teman, anggota keluarga, dan bahkan orang asing yang bermaksud baik.

Beberapa informasi tersebut sangat membantu, namun ada juga yang ternyata termasuk ke dalam mitos kehamilan dan belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.

Ada beberapa alasan mengapa ibu hamil tak boleh mengonsumsi nanas. Salah satunya adalah nanas diduga dapat memicu kelahiran prematur dan keguguran.

Namun, beberapa informasi ilmiah yang dilansir dari Pregnant Education ini bisa membuat Anda kembali mempertimbangkan untuk tidak melewatkan buah yang lezat dan bergizi ini selama 9 bulan ke depan.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini 5 Makanan Pemicu Keguguran yang Harus Diwaspadai

Makan nanas bisa menyebabkan keguguran

Mitos yang beredar, nanas yang dimakan ibu hamil akan menyebabkan keguguran. Faktanya, nanas memang bisa menginduksi persalinan.

Namun, itu benar-benar akan terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang luar biasa besar dalam sekali makan.

Makan nanas bisa menyebabkan cacat lahir

Dilansir dari situs US Department of Health and Human Services, penyebab cacat lahir adalah genetik, kelainan kromosom, infeksi bakteri, atau terpapar obat-obatan kimia berbahaya.

Faktanya, tidak ada studi yang menyatakan mengonsumi buah nanas menyebabkan cacat lahir pada bayi. Artinya, informasi ini hanya mitos.

Malah, mengosumsi nanas dengan porsi tepat bisa membantu Anda menghindari risiko bayi cacat lahir.

Melihat penjelasan di atas, jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nanas tentu akan membuat Anda tersenyum cerah. Faktanya, hal tersebut diperbolehkan dan telah memiliki jawaban yang ilmiah.

 Baca Juga: Viral! Ibu Hamil Mengonsumsi Obat Pemutih, Kenali Bahayanya untuk Janin

US Department of Agriculture (USDA) memberikan informasi terkait asupan ideal ibu hamil, yakni terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, protein, susu, biji-bijian.

Nanas masuk dalam kelompok buah yang membantu memberi janin vitamin dan mineral untuk tumbuh dan berkembang.

Nanas segar membantu Anda memberi sedikit zat besi, nutrisi yang diperlukan untuk produksi darah, serta folat, yang dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu.

Semua nutrisi yang dikandung oleh buah nanas ini penting untuk perkembangan bayi dan kesehatan Anda secara keseluruhan selama kehamilan.

Namun, jika Anda alergi, reaksi ini biasanya akan terjadi dalam beberapa menit setelah makan nanas. Anda juga lebih mungkin alergi terhadap buah ini jika sebelumnya memiliki alergi terhadap serbuk sari atau lateks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News