Bugar

Apakah Gangguan Tidur Adalah Gejala Gangguan Jiwa? Ini Penjelasannya

Apakah Gangguan Tidur Adalah Gejala Gangguan Jiwa? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

Ada beberapa faktor penyebab gangguan tidur. Mulai dari faktor kondisi psikologis, kondisi biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan, serta kebiasaan buruk.

Gangguan tidur tidak selalu menjadi gejala gangguan jiwa. Setiap orang mengalami “puncak dan lembah” dalam kesehatan mental mereka.

Pengalaman yang membuat stres, seperti kehilangan orang yang dicintai, dapat mengurangi kesejahteraan psikologis untuk sementara. 

Setiap gangguan memiliki serangkaian gejala sendiri yang sangat bervariasi dalam tingkat keparahannya. Salah satu yang umum adalah gangguan atau perubahan pada kebiasaan tidur. 

Baca Juga: Bukan Hanya Kelebihan Kafein, Ini 5 Penyebab Insomnia Lainnya

Orang dengan gejala gangguan jiwa bisa mengalami sulit tidur, atau justru tidur lebih lama dari biasanya. Meski begitu, bukan berarti setiap gangguan tidur merupakan tanda gangguan jiwa.

Gangguan tidur juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Jadi, penting untuk tidak melakukan self-diagnosis gangguan jiwa, hanya karena mengalami gangguan tidur. 

Gejala yang dialami orang dengan gangguan tidur cukup bervariasi, tergantung dari tipe gangguan tidurnya. Misalnya pada orang yang mengalami sulit tidur (insomnia),  umumnya penderita sering kali membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk bisa tidur.

Dilansir dari Sleep Education, orang dengan gangguan tidur biasanya memiliki satu atau lebih gejala berikut ini:

1. Sulit untuk memulai tidur

2. Sering terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur kembali

3. Bangun terlalu pagi

4. Merasa lelah dan mengantuk pada siang keesokan harinya

5. Kesulitan mengingat atau berkonsentrasi

6. Mengalami kondisi mendengkur, tercekik, atau terengah-engah saat tidur

7. Kondisi psikologis yang rentan, seperti mudah marah, iritabilitas, depresi, atau mudah terjadi perubahan suasana hati

8. Merasa pusing di malam atau pagi hari

Itulah pembahasan mengenai gangguan tidur ternyata tidak selalu menjadi gejala gangguan jiwa yang perlu Anda ketahui.

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang tadi dijelaskan, dan itu menghalangi Anda menjalani kehidupan sehari-hari, Anda perlu menemui psikolog atau psikiater.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News