Keluarga

Apa yang Harus Dilakukan Saat Ayam yang Dimasak Kurang Matang? Ini Jawabannya

Apa yang Harus Dilakukan Saat Ayam yang Dimasak Kurang Matang? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Moms pernah memasak ayam dan ternyata kurang matang? Lalu apa yang harus dilakukan? Agar tak salah langkah dan tak menimbulkan penyakit, simak beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini. Melansir dari Yummie dan Lacademie, berikut selengkapnya!

Jangan biarkan ayam terbuka

Ayam yang kurang matang tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terbuka pada suhu kamar. Ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Bakteri maupun virus yang hidup di atmosfer dapat menyerang daging ayam yang kurang matang dan mulai berkembang biak di dalamnya.

Namun jika ayam yang kurang matang dibiarkan terbuka pada suhu yang lebih panas, maka oksidasi akan terjadi sehingga ayam jadi berbau tengik.

Baca Juga: 5 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak, Ayam Jadi Matang Sempurna

Pisahkan ayam matang dan kurang matang

Jika moms memasak ayam dalam jumlah banyak sekaligus, maka ada risiko beberapa ayam yang kurang matang sempurna. Yang harus Moms lakukan adalah memisahkan ayam yang matang sempurna dengan yang belum benar-benar matang.

Sama seperti sebelumnya, langkah ini dilakukan agar daging ayam yang matang tak terkontaminasi bakteri sehingga keluarga tak terkena diare akibat keracunan makanan.

Baca Juga: Rekomendasi Aneka Bumbu BBQ yang Enak untuk Pesta Barbekyu

Pakai peralatan masak yang beda saat memasak ulang

Memasak Ayam Mentah

Baca Juga: 4 Fakta Tersembunyi yang Jarang Diketahui tentang Daging Ayam yang Kurang Matang

Saat Moms menemukan bahwa ayam yang Moms masak ternyata masih jauh dari kata matang, maka langkah pertama yang Moms pikirkan adalah memasak ulang. Tapi perlu diperhatikan, peralatan memasak yang digunakan tak boleh sama seperti di awal, loh!

Moms harus pastikan bahwa peralatan memasak serta piring dan sendok harus dicuci secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum memasak ulang ayam yang kurang matang tersebut.

Dengan mencuci semua peralatan secara menyeluruh, maka ini akan mencegah menyebarnya bakteri pada bagian lain ayam yang sudah matang.

Langsung memasaknya kembali

Jika ayam yang dimasak kurang matang sedikit lagi, maka Moms bisa langsung memasaknya pada wajan dan minyak yang sama selama ayam belum terlalu lama diangkat dari wajan dan dibiarkan dalam tempat terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News