Keluarga

Apa Saja Ras Kucing yang Berumur Panjang? Ini Jawabannya

Apa Saja Ras Kucing yang Berumur Panjang? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Setiap pemilik kucing pasti menginginkan peliharaannya hidup sehat dan berumur panjang.

Pada dasarnya, kesehatan dan usia si kucing bisa dimaksimalkan dengan berbagai cara, terutama nutrisi dan perawatan yang tepat. Jadi, jika dirawat dengan baik, kucing umumnya bisa hidup cukup lama hingga bertahun-tahun.

Namun, ada beberapa ras kucing tertentu yang cenderung berumur lebih panjang dibandingkan ras kucing lainnya. Jadi, jika Anda ingin memelihara kucing dalam jangka waktu lama, coba pertimbangkan beberapa ras kucing berikut ini sambil menjaga kesehatan dan nutrisinya.

Dirangkum dari The Spruce Pets, Petbacker.com, dan Rover.com, berikut ras kucing yang dikenal memiliki umur panjang.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Berbulu Putih, Benarkah Semuanya Tuli?

Siamese

Kucing Siam

Kucing Siamese atau Siam dikenal dengan bulunya yang pendek dengan warna yang menggelap di bagian tertentu, seperti hidung dan kaki-kakinya. Berasal dari Thailand, kucing Siam termasuk hewan peliharaan yang setia dan suka mengikuti pemiliknya ke mana-mana. Secara umum, kucing Siam bisa hidup selama 12 hingga 20 tahun.

Ragdoll

Kucing Ragdoll

Memiliki tubuh yang besar dengan bulu berwarna putih dan mata biru cerah, tampilan kucing Ragdoll yang seperti boneka bisa tampak menggemaskan. Kucing Ragdoll juga suka suka diajak bermain sekaligus bermalas-malasan, sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan. Walaupun beberapa kucing Ragdoll rentan terkena batu ginjal dan penyakit jantung, usianya bisa mencapai lebih dari 15 tahun.

Balinese

Kucing Balinese

Walaupun bernama Balinese, kucing ini tidak berasal dari Bali, melainkan termasuk jenis kucing Siam dengan bulu yang panjang sehingga tampilannya mirip dengan kucing Siam. Termasuk jenis kucing yang ramah dan energik, kucing Balinese umumnya bisa hidup selama 12 hingga 20 tahun.

Baca Juga: Mengapa Kucing Peliharaan Jangan Dibiarkan Keluar Rumah? Ini Alasannya

Russian Blue

Kucing Russian Blue

Terkenal dengan bulunya yang berwarna abu-abu kebiruan, kucing Russian Blue memiliki bulu yang pendek dan tidak mudah rontok. Kucing Russian Blue juga dikenal bersifat tenang dan penyayang, tapi tidak clingy. Kucing ini rentan mengalami masalah kesehatan pada ginjal dan matanya, tapi secara umum mereka bisa hidup selama 15 hingga 20 tahun.

American Shorthair

American Shorthair

American Shorthair adalah jenis kucing dengan bulu pendek yang tidak banyak tingkah dan ramah terhadap orang lain, sehingga cocok dipelihara oleh anak-anak. Kucing American Shorthair rata-rata bisa hidup selama 15 hingga 20 tahun, tapi mereka bisa terkena gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit jantung.

Sphynx

Kucing Sphynx

Termasuk salah satu jenis kucing termahal di dunia, kucing Sphynz terkenal dengan tubuhnya yang nyaris tidak berbulu akibat mutasi genetik alami. Tubuhnya yang tidak berbulu menyebabkan kucing Sphynx rentan mengalami masalah kesehatan pada kulitnya. Selain itu, kucing Sphyx juga bisa mengalami gangguan kesehatan pada jantung dan sarafnya, tapi secara umum mereka bisa hidup selama 10-15 tahun.

Itulah beberapa ras kucing yang dikenal memiliki umur panjang. Dari kucing-kucing yang disebutkan di atas, mana yang menarik perhatian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News