HOME, Bugar

Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil? ini Penjelasannya

Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil? ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Air kelapa hijau merupakan salah satu minuman pengganti elektrolit yang cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan masalah, seperti sakit perut atau dehidrasi yang parah.

Tak hanya itu saja, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin. Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan protein.

Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil.

Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil, seperti yang dilansir dalam Pregnant Education dan Mayo Clinic berikut ini:

1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Mual dan muntah atau dikenal juga dengan morning sickness merupakan keluhan yang dialami oleh hampir setiap ibu hamil.

Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit. Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.

Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, inilah salah satu kandungan yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

2. Mencegah anemia

Manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Dengan mengonsumsi santan selama kehamilan, ini bisa menjadi cara ampuh dalam  mencegah anemia, yang merupakan masalah umum para ibu hamil. 

Santan adalah makanan yang akan zat besi dan ibu hamil dapat mengonsumsi santan untuk mendapatkan zat besi secara teratur.

3. Lawan morning sickness

Morning sickness merupakan kondisi umum berupa gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan mual maupun muntah.

Secara umum, gejala ini banyak dialami ibu di awal masa kehamilan dan biasanya akan hilang saat usia kandungan telah mencapai usia tiga bulan.

Adanya kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau juga bermanfaat untuk ibu hamil dalam membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat muntah.

4. Mengurangi tekanan darah saat hamil

Manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi tekanan darah.

Untuk ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, minum air kelapa diyakini bisa menjadi pilihan karena kandungan kalium di dalamnya.

Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran dan juga tekanan darah.

Baca Juga: 5 Pantangan Ibu Hamil yang Penting untuk Dihindari 

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya ISK.

6. Jernihkan air ketuban

Kandungan elektrolit dan antioksidan di dalam air kelapa hijau dapat membersihkan serta menjernihkan air ketuban. Secara ilmiah, kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban.

Hal ini sekaligus mengungkap bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat bahwa air kelapa hijau dapat membuat kulit bayi menjadi putih sebenarnya salah.

Kondisi yang lebih tepat adalah air kelapa hijau membuat air ketuban menjadi bersih.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat diperoleh bila rutin dikonsumsi tetapi tidak secara berlebihan.

Namun, jika ibu hamil mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News