Bugar

Apa Manfaat Kacang Panjang untuk Asam Urat? Ini 5 Makanan Bisa Menurunkan Asam Urat

Apa Manfaat Kacang Panjang untuk Asam Urat? Ini 5 Makanan Bisa Menurunkan Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Apa manfaat kacang panjang untuk asam urat? Ternyata, ada beberapa makanan juga yang bisa menurunkan asam urat lainnya selain kacang panjang.

Kacang panjang masuk dalam jenis makanan yang cukup mudah diolah. Selain mudah diolah, mengonsumsi sayuran ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kacang panjang disebut memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, sodium, folat, tiamin, dan berbagai vitamin, termasuk vitamin A dan vitamin C, dilansir dari Mayo Clinic.

Kacang panjang memiliki sederet kandungan nutrisi, jika diolah dengan cara tepat dan dikonsumsi secara rutin

Kabar baik lainnya, makanan ini tidak memiliki kandungan kolesterol. Tentu saja, hal itu bisa menjanjikan hal yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari jenis makanan ini, kacang panjang harus diolah atau dimasak dengan cara yang tepat. 

Manfaat kacang panjang untuk asam urat memang terbukti efektif. Namun, penyembuhan asam urat memang tak bisa dilakukan secara cepat atau instan.

Penyembuhan asam urat memang tak bisa dilakukan secara cepat atau instan dan perlu konsistensi dan kesabaran untuk membantu menyembuhkannya.

Tapi, bagi Anda yang menderita asam urat, akan jauh lebih baik untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi.

Karena bila purin di dalam tubuh tidak bisa kita kendalikan akan membuat kondisi asam urat semakin bertambah parah.

Baca Juga: 10 Makanan Rendah Purin yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jika diolah dengan cara tepat dan dikonsumsi secara rutin, dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan, antara lain:

1. Menurunkan risiko asam urat, katanya hal ini terjadi karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Katanya, mengonsumsi cukup banyak vitamin C setiap hari bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat kadar asam urat tinggi. 

2. Tulang lebih sehat, sebab kacang panjang mengandung mangan, kalsium, dan juga vitamin K. Deretan nutrisi ini diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

3. Kacang panjang juga merupakan jenis makanan sumber antioksidan. Asupan ini dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek negatif dari radikal bebas.

4. Baik untuk menjaga kesehatan kulit, hal ini berkat kandungan berbagai vitamin dalam kacang panjang. 

5. Meningkatkan fungsi pencernaan, sebab kaya akan kandungan serat larut dan tidak larut yang membantu melindungi usus besar dengan mengurangi waktu paparan zat beracun. 

Makanan kaya serat ini disebut ampuh untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Mengonsumsi makanan ini dipercaya bisa membantu mengurangi kadar “kolesterol jahat” alias LDL. 

Baik untuk darah. Kandungan dalam jenis makanan ini disebut bisa menunjang kesehatan sistem peredaran darah, serta meningkatkan dan menjaga produksi sel darah merah.

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kacang panjang. Selain itu, hindari juga berlebihan dalam mengonsumsinya.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Sederet Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

Ingat, agar asupan nutrisinya utuh dan berdampak pada tubuh, pastikan untuk mengolah makanan ini dengan cara yang tepat.

Selain kacang panjang yang bisa membantu menurunkan asam urat, ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu menurunkan asam urat yang bisa Anda konsumsi. 

Penderita asam urat harus selektif dalam mengonsumsi makanan. Sebab, beberapa jenis makanan tertentu bisa merangsang kenaikan kadar asam urat.  

Selain manfaat kacang panjang untuk menurunkan asam urat, ada beberapa makanan sehat lainnya yang bisa menurunkan asam urat dan bisa Anda coba. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan sehat yang bisa menurunkan asam urat, antara lain: 

1. Apel

Makanan yang bisa menurunkan asam urat pertama adalah apel. Kaya akan kandungan serat, apel bisa membantu menurunkan kadar asam urat secara efektif.

Serat mengurangi kelebihan asam urat dari tubuh Anda dengan cara menyerapnya dari aliran darah.

Ditambah lagi, apel juga kaya akan asam malat yang cenderung menetralisir efek asam urat dalam tubuh.

2. Makanan kaya vitamin C 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat kedua adalah makanan kaya vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi bisa membantu mengontrol kadar asam urat. 

Beberapa contoh makanan tinggi vitamin C adalah jeruk, jeruk nipis, kubis, jambu biji, dan paprika.  

3. Makanan kaya serat 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat ketiga adalah makanan kaya serat. Makanan yang memiliki serat tinggi baik untuk membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.  

Makanan berserat membantu menyerap asam urat dalam aliran darah dan membantu menghilangkan kelebihan asam urat dalam tubuh.  

Contoh makanan berserat adalah brokoli, pir, seledri, mentimun, gandum, dan apel.  

Baca Juga: Jus Seledri untuk Asam Urat, 5 Jus yang Ini Bisa Menghilangkan Asam Urat

4. Ceri 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat keempat adalah ceri. Ceri juga mencegah pembentukan kristal serta penimbunan asam urat pada persendian.  

Ceri mengandung antosianin yang memiliki sifat antiinflamasi, membantu dalam mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. 

5. Pisang

Makanan yang bisa menurunkan asam urat kelima adalah pisang karena bisa membantu Anda mengelola penyakit Anda tersebut sehingga tidak sering kambuh.

Pisang mengandung purin yang rendah, sehingga menjadikannya buah yang baik untuk pengidap asam urat.

6. Kacang pinto dan kuaci

Makanan yang bisa menurunkan asam urat keenam adalah kacang pinto dan kuaci. 

Kacang pinto banyak mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat.

Hal yang perlu digarisbawahi, kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanya kacang pinto dan kuaci saja.

Sebab, kacang-kacangan lainnya justru dapat memicu naiknya kadar asam urat.

7. Produk susu rendah lemak 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat selanjutnya adalah produk susu rendah lemak. Konsumsi produk susu rendah lemak bisa mencegah peningkatan kadar asam urat dalam darah.  

8. Minyak zaitun 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat kedelapan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu dalam mengontrol kadar asam urat dalam darah.  

9. Makanan kaya asam lemak omega-3 

Makanan yang bisa menurunkan asam urat kesembilana adalah Salmon, biji rami, dan kenari kaya asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada persendian yang disebabkan asam urat tinggi.  

10. Ikan Salmon

Ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya.

Sebab, beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain ceritanya dengan ikan salmon.

Menurut penelitian, omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

Itulah manfaat kacang panajang untuk asam urat yang bisa Anda rasakan dan juga beberapa makanan lain yang bisa memabntu menurunkan asam urat yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News