Keluarga

Apa Itu Umami? Ini Dia 7 Makanan Penghasil Rasa Umami

Apa Itu Umami? Ini Dia 7 Makanan Penghasil Rasa Umami

MOMSMONEY.ID - Masih bingung apa itu umami? Ingin tahu bagaimana rasa umami? Berikut ini MomsMoney hadirkan 7 makanan penghasil rasa umami agar Anda tak penasaran.

Melansir dari Ajinomoto dan The Spruce Eats, Umami adalah rasa dasar ke-5 selain rasa manis, asin, pahit, dan asam. Merujuk pada rasa, umami adalah “rasa gurih yang menyenangkan” yang selalu digambarkan sebagai kaldu atau daging.

Ini bermula pada tahun 1908, Dr Kikunae Ikeda menemukan rasa umami dari ekstra rumput laut jepang atau biasa disebut konbu. Pada akhirnya, di tahun 1985, umami diakui sebagai rasa dasar ke-5 oleh berbagai kalangan ilmiah di dunia.

Baca Juga: Metode Memasak ala Meksiko yang Bikin Masakanmu Semakin Pedas, Sudah Tahu?

Jika Anda masih bingung bagaimana rasa umami, Anda bisa mengetahui rasa umami lewat makanan yang mengandung asam amino glutamat tingkat tinggi seperti keju parmesan, rumput laut, miso, dan jamur. Kata kunci rasa umami terdapat pada makanan yang mengandung glutamat ini.

Setelah Anda tahu apa itu umami, kini Anda bisa tahu beberapa jenis makanan penghasil rasa umami. Melansir dari Dapur Umami dan Healthline, berikut selengkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Kurban yang Alot Jadi Super Empuk

Kimchi

Kimchi, salah satu makanan penghasil rasa umami

Penggemar makanan Korea tahu kimchi, dong? Nah, kimchi ini merupakan makanan penghasil rasa umami, loh.

Kimchi merupakan makanan sehat yang cara pembuatannya difermentasi terlebih dahulu, sehingga menghasilkan kadar asam glutamat, yakni senyawa alami pada kimchi. Inilah sebabnya kimchi mengandung 240 mg glutamat per 100 gram yang mana hasil ini merupakan hasil yang cukup tinggi.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Makanan berbasis kedelai

Makanan penghasil rasa umami juga bisa dirasakan dari makanan yang berbasis kedelai, seperti tahu, tempe, kecap, hingga miso.

Tingginya kandungan asam glutamat penghasil rasa umami ini disebabkan oleh fermentasi kedelai saat pembuatan kedelai itu sendiri.

Berikut beberapa kandungan glutamat per 100 gram yang dihasilkan oleh berbagai jenis makanan berbasis kedelai, di antaranya:

  • Kecap asin: 400-1.700 mg
  • Miso: 200-700 mg
  • Natto: 140 mg
  • Kedelai: 70-80 mg

Baca Juga: 4 Tips Aman Menyimpan Daging Sapi di Dalam Kulkas Agar Tetap Awet Dalam Jangka Lama

Udang

Tentu Anda tahu rasa udang matang yang masih polos dan belum dibumbui apapun, bukan? Nah, udang merupakan salah satu makanan penghasil rasa umami, loh.

Udang menghasilkan kandungan glutamat yang tinggi melalui daging, kulit, serta ekornya sekaligus. Jika Moms biasanya membuang ekor dan kulit udang karena dinilai tidak dapat digunakan lagi, maka Moms salah.

Cobalah untuk merebus ekor & kulit udang bekas hingga mendidih. Kaldu udang ini nantinya akan menghasilkan “rasa gurih yang menyenangkan” khas deskripsi rasa umami pada umumnya.

Kaldu udang dapat Anda jadikan penyedap, loh.

Baca Juga: Anda Penggemar Kopi? Simak 4 Cara Bikin Kopi Seenak Buatan Kafe

Jamur shiitake/enoki

Jamur shiitake/enoki juga merupakan jenis makanan penghasil rasa umami. Dari jenis jamur inilah, Anda bisa menghasilkan rasa umami yang dapat dijadikan sebagai kaldu penyedap.

Cara membuat kaldu jamur rasa umami sebetulnya sangat mudah. Cukup sangrai jamur bersama bawang bombai, lalu rebus keduanya bersamaan. Jika sudah mendidih, barulah angkat dan pisahkan jamur-bawang bombai dari airnya. Air inilah yang mengandung tinggi glutamat.

Jika Anda tak mau susah payah, Anda bisa membeli kaldu jamur instan di swalayan. Dari sanalah Anda bisa mencicipi makanan penghasil rasa umami.

Baca Juga: Promo Burger King November 2022, Ada Gratis Paket Gol Ole-Ole dan Kings Chicken

Teh hijau

Jangan salah, teh hijau juga merupakan makanan penghasil rasa umami, loh!

Teh hijau mengandung glutamat yang tinggi sehingga memiliki rasa pahit, manis, dan rasa umami yang cukup unik. Teh hijau kering mengandung hingga 670 mg glutamat per 100 gram.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Daging sapi & ayam

Daging Sapi Mentah, salah satu makanan penghasil rasa umami

Tentu Anda tahu kaldu daging sapi & ayam menghasilkan rasa sedap yang menyenangkan, kan? Nah, ini karena daging sapi & ayam juga merupakan makanan penghasil rasa umami, loh.

Sama seperti tahap pembuatan kaldu udang, moms bisa mengambil sari kuah kaldu daging ayam & sapi ini dengan cara merebusnya. Dengan begitu, Moms jadi bisa mencicipi rasa umami dari kaldu tersebut.

Baca Juga: 6 Fakta Konsep Unik Restoran Karen’s Diner yang Punya Pelayanan Jutek

Keju tua

Keju tua mengandung senyawa glutamat yang tinggi. Ini menjadikan keju tua sebagai makanan penghasil rasa umami.

Berikut beberapa kandungan glutamat per 100 gram yang dihasilkan oleh berbagai jenis keju tua, di antaranya:

  • Parmesan: 1.200-1680 mg
  • Keju comte: 539-1.570 mg
  • Cheddar: 120-180 mg
  • Gouda: 124-295 mg

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik 2023: 6 Tempat Paling Nyaman untuk Bersantai, Ada Indonesia

Itulah beberapa jenis makanan penghasil rasa umami. Sebetulnya, masih ada makanan penghasil rasa umami lainnya, yaitu: air susu ibu, tempe, tomat, terasi, saus tiram, kentang, jagung, dan tauco.

Jadi, kini Anda tak penasaran lagi kan apa itu rasa umami serta makanan penghasil rasa umami itu sendiri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News