Santai

Apa Itu Skin Cycling? Simak Penjelasan dan Cara Melakukannya Berikut

Apa Itu Skin Cycling? Simak Penjelasan dan Cara Melakukannya Berikut

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu tren skincare yang booming, kenalan dulu, yuk, dengan metode perawatan kulit skin cycling.

Skin cycling adalah tren dalam dunia skincare yang populer di awal tahun 2023. Perawatan ini dinilai banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

Lalu apa sebenarnya metode skin cycling? Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin melakukan perawatan ini?

Baca Juga: Brazilian vs Bikini Wax, Apa sih Bedanya? Cari Tahu di Sini, ya

Metode skin cycling adalah metode skincare yang berfokus pada skincare malam saja. Dalam setiap malam Anda akan diajak untuk menggunakan beberapa produk kecantikan berbeda.

Laman Cosmopolitan menerangkan, metode yang dipopulerkan oleh Dr. Whitney Bowe, ahli kecantikan, ini tujuannya adalah untuk memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah.

Untuk melakukan skin cycling, jenis skincare yang perlu disiapkan antara lain adalah produk eksfoliasi, retinol, dan moisturizer. Sedangkan toner dan obat totol jerawat tetap bisa digunakan sebagai opsi pelengkap.

Nantinya, ketiga produk tersebut akan digunakan secara rutin dalam empat malam yang kemudian di ulang dengan step awal pada malam kelima.

Berikut adalah cara melakukan skin cycling, yang dirangkum dari laman Everyday Health:

Baca Juga: Sebelum Coba Retinol, Ketahui Dulu 5 Aturan Pemakaian Retinol yang Tepat Berikut Ini

Malam 1: Eksfoliasi

Pada malam pertama gunakan produk eksfoliasi pada rangkaian skincare. Disarankan untuk memilih produk eksfoliasi yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid.

Tujuan dari step ini adalah membersihkan kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer juga saat selesai melakukan eksfoliasi.

Malam 2: Retinol

Di hari selanjutnya, perawatan akan berfokus pada penggunaan skincare berbahan retinoid. Produk retinoid adalah produk yang mengandung vitamin A dan bisa membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus di wajah.

Risiko iritasi mungkin terjadi bagi kulit yang belum pernah terekspos retinol. Maka dari itu, gunakan produk yang memiliki kandungan retinol rendah terlebih dahulu dan tetap gunakan moisturizer untuk melembapkan kulit.

Malam 3 dan 4: Recovery

Recovery adalah langkah yang digunakan untuk menenangkan kulit setelah dua hari terekspos skincare dengan bahan kuat. Pada malam dua malam ini, gunakan bahan-bahan skincare yang memiliki fungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit.

Jauhi menggunakan skincare dengan bahan yang mengiritasi kulit. Penggunaan serum dengan bahan menghidrasi seperti yang mengandung hyaluronic acid juga bisa digunakan. Tetap gunakan moisturizer setelahnya.

Pada malam selanjutnya, ulang kembali proses skincare seperti malam pertama dan seterusnya.

Perhatikan konsistensi agar metode skin cycling ini bisa berhasil memperbaiki skin barrier kulit yang rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News