Bugar

Apa Itu Sindrom Tangan Alien? Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Sindrom Tangan Alien

Apa Itu Sindrom Tangan Alien? Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Sindrom Tangan Alien

MOMSMONEY.ID - Apa itu sindrom tangan alien? kenali gejala dan cara mengatasi sindrom tangan alien. Ini penjelasan lengkapnya.

Sindrom tangan alien adalah kondisi neurologis langka yang ditandai dengan satu tangan bisa bergerak dengan sendirinya. Terkadang satu kaki juga bisa terpengaruh, tapi hal itu jarang terjadi.

Pada sindrom tangan alien, tangan tidak bergerak di bawah kendali pikiran orang tersebut, melainkan bertindak seolah-olah memiliki kehendaknya sendiri.

Selama episode tersebut, pengidapnya bisa merasa seolah tangannya seperti bukan tangannya sendiri, karena bisa bergerak untuk melakukan sesuatu yang tidak disengaja. 

Baca Juga: Selain Merokok, Ini Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru

Gejala Sindrom Tangan Alien

Gerakan tangan dipengaruhi kontrol otak secara sadar. Contohnya saat Anda ingin menggaruk, otak akan mengirimkan perintah pada saraf dan otot di sekitar tangan untuk menggaruk bagian yang gatal.

Orang dengan sindromtangan alien biasanya akan kesulitan mengontrol gerakan tangannya. Tangan bisa melakukan tugas sendiri tanpa perintah dari otak, dilansir dari Healthline.

Sindrom tangan alien memberikan tanda seolah-olah ada orang lain yang mengendalikan tangan atau tangan seperti memiliki otaknya sendiri. Bahkan, tangan bisa menolak apa yang otak perintahkan.

Tangan yang bergerak sendiri bisa melakukan beragam aktivitas seperti menyentuh wajah, membelai rambut, mengancingkan baju, melayang seperti menari, dan lainnya.

Tangan juga mungkin menyentuh binatang peliharaan atau bahkan karya seni milik orang lain tanpa izin. Tindakan ini terkadang terjadi secara berulang atau kompulsif (bersifat memaksa).

Selain itu, tangan yang terkena AHS bisa menyerang anggota tubuh penderitanya sendiri. Tangan ini bisa menahan sesuatu yang diinginkan oleh penderitanya.

Sebagai contoh ketika Anda ingin mengambil tisu untuk bersihkan hidung, tangan yang terkena AHS justru mendorong tangan Anda yang lain untuk melakukan hal tersebut.

Orang dengan sindrom tangan alien beranggapan bahwa tangan tersebut bukan bagian dari anggota geraknya karena tidak mampu ia kendalikan.

Inilah gejala dari sindrom tangan bergerak sendiri yang paling menonjol. Biasanya, gejala ini hilang-timbul. Pada beberapa waktu kemudian, gejala ini bisa timbul kembali.

Artinya, penderitanya mungkin merasakan tangan bergerak sendiri dalam beberapa menit atau jam, kemudian berhenti dengan sendirinya.

Setelah gejala menghilang, beberapa orang melaporkan bahwa tangan yang terkena sindrom tangan alien bisa mengalami mati rasa atau terasa sangat lemah.

Baca Juga: Kenali Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sindrom Tangan Alien

Dilansir dari Baylor University Medical Center Proceedings, penyebab sindrom tangan alien dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut, antara lain: 

1. Penyakit tertentu

Penyebab sindrom tangan alien yang pertama karena penyakit tertentu. Beberapa orang mengalami sindrom tangan alien setelah mengalami stroke, trauma, atau tumor. 

Sindrom tangan alien juga dikaitkan dengan kanker, penyakit neurodegeneratif akibat pertambahan usia, atau aneurisma otak (pembengkakan pembuluh darah di otak yang dapat pecah).  

2. Bedah pada otak

Sindrom tangan alien juga dikaitkan dengan operasi di otak, termasuk operasi yang melibatkan sayatan di sepanjang korpus kalosum. Korpus kalosum menghubungkan otak kiri dan otak kanan termasuk alur komunikasi keduanya. 

3. Lesi di bagian tertentu di otak

Lesi atau jaringan abnormal pada berbagai jaringan otak juga dikaitkan dengan sindrom tangan alien. Misalnya, pada otak penderita sindrom alien ditemukan aktivitas tertentu di bagian area motor primer kontralateral.

Aktivitas tersebut diyakini terjadi karena lesi atau kerusakan pada bagian otak yang disebut korteks parietal. Kerusakan tersebut disebutkan memicu gerakan yang spontan.

Baca Juga: Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Penanganan untuk Sindrom Tangan Alien

Belum ada obat untuk menyembuhkan sindrom tangan alien. Para ilmuwan masih berusaha untuk mengurangi gejala penyakit ini walau terapi dan obat untuk sindrom tangan alien belum terlalu berkembang pesat. 

sindromtangan alien berpotensi dapat dikendalikan melalui terapi kontrol otot menggunakan toxin botulinum dan obat-obatan pelemas otot (penghambat neuromuskular).

Pada beberapa kasus, obat-obatan benzodiazepin berpotensi sukses untuk mengendalikan penyakit  ini walau terapi perilaku disebutkan lebih efektif.

 Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu sindrom tangan alien, gejala dan cara mengatasi sindrom tangan alien. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News