Santai

Apa Itu Playing Victim? Kenali 6 Tanda Berikut

Apa Itu Playing Victim? Kenali 6 Tanda Berikut

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda atau ciri orang dengan sifat playing victim yang perlu diketahui berikut ini.

Dalam segala jenis hubungan masa kini, termasuk hubungan percintaan, semakin banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah situasi toxic dalam hubungan.

Salah satunya adalah playing victim. Orang dengan kepribadian ini percaya bahwa mereka merupakan korban dari suatu kemalangan yang disebabkan oleh orang lain.

Ada beberapa tanda yang perlu diketahui dari seseorang yang memiliki kepribadian playing victim:

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Batasan Sehat Ini, Coba Mulai Terapkan Yuk

Menjauhi bertanggungjawab

Kepribadian playing victim memiliki kecenderungan untuk menjauhi tanggungjawab. Mereka dengan kepribadian ini akan memilih untuk menjauhi tanggungjawab dan menyalahkan orang lain atas situasi buruk yang terjadi.

Termasuk, kecenderungan untuk mencari alasan dan mencari pembenaran diri.

Merasa tidak punya kekuatan

Tanda lain dari seseorang yang memiliki kepribadian playing victim adalah mereka merasa bahwa mereka tidak punya kekuatan untuk mengubah keadaan.

Laman Life Hack menjelaskan, kondisi ini akan membawa kepribadian playing victim menjadi manipulatif. Seperti namanya, playing victim akan merasa seperti korban yang tidak memiliki kekuatan.

Kurang percaya diri

Orang dengan kepribadian playing victim biasanya memiliki masalah yang terkait dengan kurangnya rasa percaya diri dan merasa rendah diri. Hal tersebutlah yang kemudian membuat mereka merasa seperti korban.

Padahal, kualitas ini bisa menghambat perkembangan diri dan kesadaran diri menjadi semakin parah.

Baca Juga: Ingin Stop Jadi People Pleaser? Coba Terapkan 5 Cara Ini Saja

Sabotase diri

Orang dengan kualitas kepribadian playing victim juga percaya bahwa mereka tidak bisa mengubah keadaan yang menimpa mereka. Mereka cenderung suka menyalahkan diri dan keadaan serta menyabotase diri sendiri.

Kepribadian ini juga cenderung tidak memiliki semangat dan tidak bisa berpikir positif terhadap situasi mereka secara berlarut-larut.

Tidak mencari solusi

Tanda lain dari seorang yang playing victim adalah minimnya keinginan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Melansir dari laman Health Line, orang dengan kepribadian ini juga akan dengan mudah menolak bantuan orang lain dan hanya tertarik dengan kegiatan mengasihani diri sendiri.

Dibanding fokus pada kesusahan dan mengasihani diri secara berlebihan, ada baiknya untuk mulai mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Frustrasi

Sebagai seseorang yang merasa dirinya korban, tentu akan diselimuti dengan perasaan frustrasi, kemarahan, dan rasa iri dengan orang lain.

Jika dibiarkan berlanjut, maka dampak lain seperti kondisi emosi yang meledak, depresi, merasa kesepian, hingga frustrasi juga bisa melanda. Sebab, orang dengan kepribadian ini memiliki kesulitan untuk mengelola dan menyeimbangkan emosinya.

Itulah tadi beberapa tanda seseorang dengan kepribadian playing victim, yang jika dibiarkan berlanjut maka memiliki dampak buruk bagi kesehatan mentalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News