HOME, Bugar

Apa Itu Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliation? Cari Perbedaannya di Sini!

Apa Itu Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliation? Cari Perbedaannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai macam produk skincare yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit wajah agar selalu sehat dan cantik. Salah satunya jenis produk exfoliation. Produk ini terbagi menjadi dua, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation.

Tujuan dilakukannya exfoliation adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan wajah. Jika Anda lakukan rutin setiap seminggu, maka kulit Anda akan terasa cerah, kenyal dan lembab.

Nah, sebelum Anda menentukan produk exfoliation yang akan digunakan, cari tahu dulu perbedaan dari kedua exfoliation tersebut mengutip dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Physical Exfoliation

Emina Apricot Jam Face Scrub

Physical exfoliation adalah jenis exfoliation yang dilakukan secara fisik dengan cara menggosok permukaan wajah. Biasanya, physical exfoliation menggunakan sponge atau produk yang bertekstur seperti scrub dan microbeads. Bagi Anda pemiliki kulit sensitif sebaiknya hindari menggunakan jenis exfoliation ini.

Bahan yang digunaka pada physical exfoliation bersifat natural seperti biji-bijian, gula, garam dan ekstrak tanaman. Jenis biji-bijian yang biasa digunakan seoerti biji apriko, biji anggur, dan biji labu. Ekstrak tanaman yang digunakan pada eksfoliator biasanya berbentuk bubuk. 

Saat melakukan physical exfoliation pilihlah produk yang memiliki butiran scrub yang halus. Kemudian, jangan menggosok wajah terlalu kasar yang akan menyebabkan iritasi dan kulit menipis. Terakhir, ekxfoliasi maksimal 2-3x dalam seminggu. 

Baca Juga: Pemilik Kulit Kering, Hindarilah 5 Hal Ini Jika Tidak Mau Kulit Jadi Lebih Kering

2. Chemical Exfoliation

Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA

Selanjutnya chemical exfoliation, jenis exfoliation ini mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbentuk cair yang bisa merap ke dalam kulit.  Senyawa dari chemical exfoliation ini akan membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru ketika sel kulit mati terangkat.

Chemical exfolaition bisa berupa toner atau lotion yang dituangkan ke kapas, selanjutnya dioleskan ke wajah Anda. Biasanya senyama dari chemical exfoliation yang umum digunakan yaitu  asam sitrat ( biasa ditemukan pada buah-buahan), asam laktat (berasal dari susu dan tanaman), dan asam salsilat (berasal dari ekstrak willow bark).

Selain itu, senyawa AHA dan BHA juga sering digunakan untuk produk chemical exfoliation. Kombinasi dua bahan ini akan bekerja dengan baik untuk mengeksfoliasi kulit. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, produk chemical peeling akan cocok untuk merawat kulit Anda. 

Selanjutnya: Inilah 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News