Santai

Apa Itu Kepribadian Emotional Sponge? Ketahui Beberapa Ciri dan Karakternya

Apa Itu Kepribadian Emotional Sponge? Ketahui Beberapa Ciri dan Karakternya

MOMSMONEY.ID - Apa itu kepribadian emotional sponge? Yuk, ketahui beberapa ciri dan karakter emotional sponge.

Rasa empati adalah emosi yang dirasakan seseorang terhadap orang lain. Merasakan empati juga perlu ada porsinya. Empati secara berlebihan juga bukan merupakan hal yang baik.

Mudah menyerap emosi orang lain yang berlebih disebut dengan emotional sponge. Kepribadian ini memiliki kepribadian yang mudah menyerap emosi orang lain dan diibaratkan seperti sponge atau busa.

Sponge memiliki sifat menyerap dan digunakan untuk menyimbolkan kepribadian ini. Orang dengan kepribadian sponge ini juga kerap dianggap terlalu sensitif.

Baca Juga: 4 Minuman Pengganti Kopi yang Bisa Mengusir Kantuk

Lantaran, mereka mudah menyerap semua ucapan maupun perbuatan orang lain menjadi emosi mereka. Kepribadian ini juga tak pilih pilih dalam menyerap emosi yang ada di sekitarnya sehingga sering kali emosi negatif juga ia serap menjadi emosi mereka.

Karakteristik kepribadian ini adalah selalu merasa bertanggungjawab dengan kehidupan orang lain.

Melansir dari laman Exploring Your Mind, kepribadian emotional sponge merasa bahwa mereka harus membantu orang lain yang kesusahan dan merasa bersalah jika tidak bisa memenuhi hal tersebut.

Kepribadian emotional sponge juga merasa perlu dan bertanggungjawab untuk menyelesaikan masalah orang lain. Rasa empatinya yang tinggi membuat mereka untuk membantu orang lain menyelesaikan permasalahan orang tersebut.

Baca Juga: Akhir Pekan Tiba! Coba 7 Ide Kencan Romantis Anti Mainstream Ini Bareng Pasangan Yuk!

Kepribadian ini juga suka memprioritaskan orang lain melebihinya kepentingannya. Ini juga disebabkan karena rasa empatinya yang tinggi. Sehingga, ia merasa lebih penting untuk memprioritaskan orang lain terlebih dulu dibanding dirinya.

Yang lebih parah, kepribadian ini juga dapat dengan mudah menarik orang-orang toksik masuk dalam kehidupannya. Karena kepribadian ini lebih mudah untuk berempati, membuat orang dengan kepribadian toksik memanfaatkan kepribadian emotional sponge.

Melansir dari laman Medium, untuk bisa terlepas dari kepribadian ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan banyak latihan untuk menahan diri dan "melepaskan tanggungjawab" atas kehidupan orang lain.

Selain itu, kepribadian ini juga harus berlatih cara untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Terutama, mengenai perasaan atau kehidupan orang lain.

Karena tentu saja, itu bukan merupakan tanggungjawab siapa pun untuk disalahkan, termasuk Anda yang memiliki kepribadian emotional sponge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News