Keluarga

Apa Itu Energi Vampir? Ini Cara Menghindarinya di Rumah

Apa Itu Energi Vampir? Ini Cara Menghindarinya di Rumah

MOMSMONEY.ID - Jika Anda penasaran dengan apa itu energi vampir, tak perlu berpikir terlalu jauh. Energi vampir bukan kekuatan supernatural yang ada di rumah Anda. 

Melansir Just Energy, energi vampir adalah kondisi listrik tersedot oleh beberapa perangkat saat dimatikan namun masih tetap tersambung ke stop kontak.

Energi vampir juga disebut sebagai energi phantom atau mode siaga. Bisa juga dipahami sebagai kondisi di mana peralatan diam-diam menyedot listrik meski tak digunakan.

Salah satu alat elektronik yang paling banyak menimbulkan energi vampir adalah perangkat yang dilengkapi dengan jam atau display digital. Tapi, peralatan lainnya juga bisa menyebabkan kemunculan energi vampir. 

Baca Juga: Hindari Risiko Terbakar, Begini Cara Defrost Freezer Basmi Bunga Es

Peralatan seperti komputer, pendingin air, dan beberapa peralatan elektronik yang tetap dalam mode siaga bisa menyebabkan energi vampir.

Biasanya, energi vampir terjadi karena aliran listrik tetap mengalir melalui adaptor yang mengubah daya AC menjadi DC, bahkan saat perangkat terisi penuh atau tidak digunakan. 

Berdasarkan penelitian yang National Renewable Energy Laboratory lakukan, peralatan listrik bisa membebani hingga US$ 165 per tahun. Selain itu, 1% dari karbon emisi global disumbang oleh mode siaga peralatan ini. 

Berikut peralatan elektronik di rumah Anda yang bisa menyebabkan energi vampir:

  • Peralatan yang memiliki layar yang terus menyala seperti oven, microwave, TV, dan pengukur suhu
  • Peralatan yang memiliki jam internal seperti mesin kopi yang bisa secara otomatis nyala di jam yang sudah Anda atur
  • Peralatan yang bisa membaca suhu dan menyesuaikannya seperti kulkas
  • Peralatan yang membutuhkan sinyal seperti TV yang meski mati tetap bisa menerima sinyal dari remot
  • Peralatan yang bisa menyala karena sensor cahaya seperti lampu malam otomatis

Baca Juga: Bisa Menurunkan Darah Tinggi, Ini Sederet Manfaat Timun Lainnya

Bagaimana cara menghentikan atau menghindari energi vampir di rumah?

Beberapa peralatan elektronik di rumah Anda tetap perlu dipasang dalam mode siaga untuk memaksimalkan fungsinya. Sehingga, meski baik untuk menghentikan dan menghindari energi vampir, caranya sedikit rumit. 

Tapi, Anda tetap masih bisa mengurangi penggunaan listrik beberapa peralatan yang biasanya menggunakan mode siaga. Peralatan tersebut antara lain televisi, komputer, kulkas, AC, pemanas air otomatis, dan peralatan elektronik memasak.

Cara menghindari energi vampir antara lain memutus peralatan elektronik dari sumber listrik. Terutama, untuk peralatan yang jarang Anda gunakan seperti blender atau alat cukur elektrik. Jangan lupa juga cabut peralatan saat pengisian daya telah selesai. 

Anda juga bisa menggunakan saklar otomatis yang bisa Anda atur untuk memutus aliran listrik tiap malam. Atau, saklar yang dilengkapi fitur pengaturan jarak jauh, sehingga Anda bisa memutus aliran meski sudah jauh dari rumah. 

Demikian informasi mengenai apa itu energi vampir, serta cara mengurangi atau menghindari energi vampir di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News