Santai

Apa Itu Co-Washing, Ini Manfaat dan Cara Melakukan Perawatan Rambut

Apa Itu Co-Washing, Ini Manfaat dan Cara Melakukan Perawatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah pernah mendengar istilah co-washing dalam dunia perawatan rambut? Jika belum, simak penjelasan apa itu co-washing berikut ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut agar selalu terlihat berkilau dan sehat.

Salah satu cara terbaru yang kini banyak digunakan adalah co-washing. Apa itu co-washing?

Baca Juga: Tak Hanya Bantu Lembabkan Kulit, Ini 5 Manfaat Ceramide bagi Kulit

Co-washing adalah cara mencuci rambut yang menggunakan pelembab atau conditioner untuk membersihkan rambut.

Melansir dari laman Byrdie, co-washing adalah keramas dengan menggunakan kondisioner, bisa digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan kotoran pada rambut tanpa terpapar bahan keras pada shampoo, seperti paraben dan sulfate.

Metode mencuci rambut ini menjadi viral karena cocok digunakan bagi orang-orang yang memiliki rambut keriting dan cenderung kering.

Baca Juga: 7 Penyebab Uban Pada Usia Muda, Genetik atau Gaya Hidup

Laman Health Line menjelaskan, metode ini digunakan untuk membantu memberikan hidrasi mendalam pada rambut dari pada hanya sekedar mencucinya saja.

Kondisioner yang digunakan pada metode ini juga memiliki kandungan yang bisa membantu melembabkan dan memberikan hidrasi pada rambut secara menyeluruh.

Jika sudah siap untuk mencobanya, cara untuk melakukan metode co-washing juga cukup mudah.

Cara utama adalah mencari kondisioner yang sesuai dengan rambut, pastikan tidak ada kandungan silikon dalam kondisioner tersebut.

Cobalah untuk menggunakan produk kondisioner yang memiliki label cleansing conditioner atau co-washes.

Basahi rambut dan kemudian aplikasikan kondisioner pada seluruh bagian rambut. Terutama, pada bagian kulit kepala.

Baca Juga: Apa Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan? Ini 5 Manfaatnya Bagi Tubuh

Setelah itu, berikan pijatan ringan pada bagian kulit kepala. Jangan lupa untuk membilas dengan bersih seluruh kulit kepala dan rambut agar tidak ada bahan kondisioner yang tertinggal.

Lakukan secara rutin dua-tiga kali seminggu bergantian dengan jadwal keramas mingguan.

Selain membantu menjaga kelembapan, metode co-washing juga bisa membantu untuk membersihkan kulit kepala dari residu shampo yang menempel di kulit kepala.

Sebagai peringatan, metode ini tidak cocok digunakan bagi yang memiliki kondisi kulit kepala sensitif, psoriasis, atau pun berketombe.

Sebab, metode ini bisa memperparah kondisi kesehatan kulit kepala dengan menyumbat pori-pori. Bahan yang terkandung dalam produk co-washes sendiri tidak cukup kuat untuk menghilangkan minyak dan ketombe pada kulit kepala.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang apa itu metode co-washing yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News