Bugar

Apa Itu Capsaicin? Kenali Senyawa Pedas pada Cabai yang Bermanfaat untuk Tubuh

Apa Itu Capsaicin? Kenali Senyawa Pedas pada Cabai yang Bermanfaat untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri karena khasiatnya sebagai antinyeri.

Capsaicin juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan. Beberapa studi telah membuktikan bahwa capsaicin memiliki efek antinyeri, antiradang, antibakteri, bahkan antikanker.

Karena memiliki berbagai efek tersebut, capsaicin banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan untuk menjaga kesehatan bahkan untuk mengatasi beberapa kondisi. 

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Batu Ginjal

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat senyawa capsaicin dalam cabai yang bisa Anda rasakan untuk tubuh, antar lain: 

Meredakan pilek

Saat pilek, apakah Anda pernah merasa napas menjadi lebih plong setelah makan sesuatu yang pedas? Hal itu karena efek capsaicin.

Zat ini dapat mengurangi pembengkakan di dalam hidung dan merangsangnya untuk mengeluarkan lendir, sehingga pilek pun mereda.

Menyehatkan jantung 

Dislipidemia adalah kondisi di mana kadar lemak atau kolesterol dalam darah meningkat. Hal ini berisiko menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi gatal-gatal pada kulit

Zat capsaicin diketahui memiliki efek anti radang dan memberikan sensasi pedas atau panas, namun selain itu juga bisa menyembuhkan beberapa masalah kulit.

Efek ini membuat capsaicin bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meringankan gatal pada kulit serta meringankan keluhan terkait masalah kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Wijen untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan risiko kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa capsaicin dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker, sehingga diduga baik untuk mencegah penyakit kanker.

Namun, penting untuk diketahui bahwa temuan ini  juga hanya berdasarkan penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. Efeknya terhadap manusia mungkin saja berbeda dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Meredakan nyeri

Khasiat capsaicin yang sudah terbukti secara klinis adalah sebagai obat antinyeri dan beberapa masalah kesehatan lainnya. 

Sifat antinyeri pada capsaicin efektif membantu meredakan nyeri otot, nyeri sendi pada penderita radang sendi, nyeri saraf pada penderita fibromyalgia dan neuropati diabetik, dan migrain.

Namun, jangan juga mengonsumsinya secara berlebihan, sebab capsaicin yang terlalu banyak dapat menimbulkan sakit perut dan diare.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat capsaicin, tanyakan langsung pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News