CLOSE [X]
ads
Bugar

Apa itu Bromhidrosis? Ketahui Cara Mengatasinya dengan Benar di Sini

Sumber: Dove
Jumat, 24 Juni 2022 | 10:55 WIB
Apa itu Bromhidrosis? Ketahui Cara Mengatasinya dengan Benar di Sini

ILUSTRASI. Apa itu Bromhidrosis? Ketahui Cara Mengatasinya dengan Benar di Sini


MOMSMONEY.ID - Aroma bau badan yang tidak enak dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu orang-orang di sekelilingnya. Istilah lain dari bau badan yaitu bromhidrosis. Sebenarnya bau yang dihasilkan tubuh Anda merupakan reaksi dari bakteri kulit yang terkena oleh cairan keringat, loh. 

Melansir dari dove.com, ketika kelenjar keringat memproduksi keringat, cairan keringat tersebut tidak berbau apa pun. Satu jam setelah keringat diproduksi, bakteri di kulit akan memecah keringat dan menghasilkan bau badan.

Bromhidrosis akan semakin bertambah parah pada saat ada banyak bakteri di kulit atau produksi keringat terlalu banyak. Duh, bikin pusing ya kalau masalah ini terus berlanjut sampai ke depannya. 

Namun, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bromhidrosis. Masih bersumber dari dove.com, berikut cara mengatasi bromhidrosis dengan benar, yaitu: 

1. Hindari Aktivitas Memicu Produksi Keringat Berlebih

Cara pertama mengatasi bromhidrosis yaitu hindari aktivitas memicu produksi keringat berlebih. Hal ini dikarenakan bromhidrosis bisa bertambah parah jika produksi keringat terlalu banyak.

Sebagai contoh, kurangi olahraga yang bisa mengeluarkan keringat terlalu banyak, seperti lari atau bersepeda. Sebaiknya, ganti olahraga-olahraga tersebut dengan aktivitas fisik lain yang lebih minim produksi keringat, seperti berenang atau yoga.

2. Membersihkan Ketiak Dua Hari Sekali dengan Sabun Antiseptik

Selanjutnya, Anda perlu membersihkan ketiak dua hari sekali dengan sabun antiseptik. Saat mandi pagi dan mandi sore, Anda bisa gosok ketiak dengan sabun antiseptik. Sabun antiseptik akan mengurangi pertumbuhan bakteri di area ketiak sehingga risiko bromhidrosis pun berkurang.

Setelah membilas ketiak dengan air untuk menghilangkan busa sabun, gosok ketiak dengan jari. Aktivitas ini bermanfaat untuk merontokkan sel kulit mati yang menumpuk di area ketiak.

Baca Juga: Minum Air Putih Secara Rutin, Ketahui 3 Manfaatnya untuk Kulit

3. Mencegah Tumpukan Bakteri pada Pakaian

Cara mengatasi bromhidrosis berikutnya adalah mencegah tumpukan bakteri pada pakaian. Kebiasaan memakai pakaian lebih dari satu kali dan menumpuk pakaian kotor hingga berhari-hari, kemudian tidak segera mencuci ternyata dapat memicu bromhidrosis. 

Hal ini disebabkan pakaian yang kotor memang bisa menjadi sarang bakteri. Kalau bakteri sudah bersarang pada pakaian, maka bakteri itu bisa berpindah ke kulit Anda saat pakaian itu Anda kenakan.

Supaya menghindari bromhidrosis, sebaiknya untuk tidak memakai pakaian lebih dari satu kali. Selain itu, pakaian kotor juga sebaiknya segera dicuci dengan deterjen agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

4. Memakai Deodorant Secara Teratur

Cara mengatasi brimhidrosis terakhir yaitu dengan memakai deodorant secara teratur. Ini cara terpenting yang harus Anda lakukan karena deodorant berfungsi untuk mencegah bau keringat yang tidak sedap. Jika Anda ingin mencegah atau mengatasi bromhidrosis, pakailah deodorant secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER