Santai

Apa itu Bluesky? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Mirip Twitter dari Jack Dorsey

Apa itu Bluesky? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Mirip Twitter dari Jack Dorsey

MOMSMONEY.ID - Jika mencari aplikasi media sosial baru yang mirip Twitter, Anda mungkin bisa mencoba Bluesky. Apa itu Bluesky? Bluesky merupakan media sosial yang dibuat oleh Jack Dorsey. 

Perlu diketahui, Jack Dorsey adalah pembuat aplikasi Twitter. Setelah tidak lagi memegang Twitter, Jack Dorsey membuat aplikasi mirip Twitter bernama Bluesky. 

Lewat aplikasi Bluesky, Anda dapat terhubung dengan teman dan keluarga, berbagi foto dan video, serta mengetahui apa yang terjadi di dunia. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat bergabung dengan grup bersama orang-orang yang berpikiran sama atau memulai grup Anda sendiri. 

Baca Juga: Fitur Foto Profil Dinamis Instagram, Begini Cara Menggabungkan Foto dan Avatar IG

Jika tertarik untuk mencoba Bluesky, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di App Store dan Google Play Store. 

Mengutip Vanguard, berikut beberapa fakta Bluesky:

1. Dorsey pertama kali mengumumkan inisiatif Bluesky pada 2019 di Twitter.

2. Pada awal 2021, Bluesky sedang dalam tahap penelitian, dengan 40–50 orang dari komunitas teknologi terdesentralisasi aktif dalam mengevaluasi opsi dan mengumpulkan proposal untuk protokol.

3. Pada Maret 2022, Bluesky mengumumkan tiga karyawan pertamanya. Aaron Goldman, yang sebelumnya bekerja untuk Google dan Twitter, menjadi insinyur keamanan. Lalu, Paul Frazee dan Daniel Holmgren sebagai insinyur protokol.

4. Pada 15 April 2022, Jack Dorsey mengakui bahwa kemajuan awal proyek dari pengembang pertama dimulai dengan lambat.

5. Pada 26 April 2022, Bluesky mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, proyek tersebut akan beroperasi tanpa pengaruh usulan pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, dan Bluesky telah berfungsi secara independen sebagai perseroan terbatas untuk kepentingan publik sejak Februari 2022. Ini menawarkan Bluesky kebebasan untuk menggunakan sumber dayanya untuk misinya tanpa kewajiban mengembalikan uang kepada pemegang saham.

Baca Juga: Simak Cara Hapus Semua Tweet Berdasarkan Tanggal, Bisa Manual dan Otomatis

6. Pada Mei 2022, Bluesky merilis kode untuk server data pribadi eksperimental dan klien baris perintah bersama dengan ikhtisar tingkat tinggi dari arsitektur jaringan. Mereka juga mengungkapkan, akan mulai membagikan proses pengembangan platform sebelum prosesnya selesai.

7. Pada Oktober 2022, Bluesky mengumumkan peta jalan dan detail teknis tambahan tentang Protokol AT yang akan mendukung aplikasi. Bluesky juga mulai menerima pendaftaran untuk menguji versi aplikasi yang akan datang.

Cara menggunakan Bluesky 

1. Unduh aplikasi dari App Store atau Google Play.

2. Buat akun dengan memasukkan nama, alamat email, dan kata sandi Anda.

3. Setelah masuk, Anda dapat menambahkan teman dan anggota keluarga ke jaringan Anda.

4. Anda dapat memposting pembaruan, foto, dan pemikiran di halaman profil Anda.

Baca Juga: Cara Kirim E-mail ke Nomor Telepon, Simak 3 Metode Paling Mudah Berikut

5. Gunakan fungsi pencarian untuk menemukan teman lama atau kenalan baru.

6. Anda juga dapat mengirim pesan kepada orang-orang secara pribadi melalui aplikasi.

Selain Bluesky, ada beberapa aplikasi mirip Twitter yang bisa Anda coba untuk digunakan:

1. Mastodon

Melansir Eraspace, Mostodon menjadi salah satu aplikasi media sosial yang telah diunduh sebanyak 500.000 lebih di Play Store hingga saat ini. 

Mastodon adalah jejaring sosial terdesentralisasi asal Jerman yang diluncurkan pada tahun 2016. Mastodon dikembangkan oleh sebuah organisasi nirlaba Jerman yang dipimpin Rochko yaitu Mastodon gGmbhH.

Sebagai aplikasi terdesentralisasi di bawah organisasi nirlaba, menjadikan Mastodon sebagai platform yang mengutamakan keuntungan publik, bukan pemegang saham. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang tertarik menggunakannya.

Cara menggunakan Mastodon sedikit berbeda dengan Twitter. Mastodon dirancang seperti sistem e-mail. Aplikasi ini terkesann lebih rumit namun fiturnya tetap bisa dinikmati.

Baca Juga: Cara Praktis Repost Video di Twitter Tanpa Retweet, Begini Langkah Embed Video Tweet

2. Discord

Meski cara penggunaannya berbeda dengan Twitter, aplikasi Discord ini bisa dijadikan alternatif pengganti Twitter. 

Discord memungkinkan Anda untuk menjadi bagian dari komunitas melalui teks, suara, dan video, selama Anda bergabung dengan Server yang relevan dan mematuhi aturan mereka.

3. Reddit

Reddit adalah situs berbagi sosial yang bisa mengirimkan tautan, gambar, dan teks, yang kemudian dapat dipilih oleh semua orang.

Reddit adalah situs yang sangat besar, tetapi terbagi menjadi ribuan komunitas kecil yang disebut subreddit. Subreddit hanyalah platform yang dikhususkan untuk topik tertentu.

Saat Anda mengunjungi beranda Reddit (saat tidak masuk), Anda akan melihat umpan postingan yang sedang tren dari berbagai subreddit ("subs"). Anda dapat mengeklik judul kiriman untuk membukanya dan membaca komentar, melihat gambar berukuran penuh, atau mengunjungi tautannya.

Di samping setiap kiriman Reddit (dan komentar pada kiriman), Anda akan melihat angka yang mewakili skornya, beserta panah ke atas dan panah ke bawah. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan atau menurunkan konten. Namun, ini bukan tombol "setuju" dan "tidak setuju".

Nah, itulah informasi mengenai Bluesky yang merupakan aplikasi mirip Twitter dari Jack Dorsey. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News