Santai

Apa Itu Avoidant Personality Disorder? Kenali Tanda dan Penyebabnya!

Apa Itu Avoidant Personality Disorder? Kenali Tanda dan Penyebabnya!

MOMSMONEY.ID - Rasa malu adalah hal yang normal dan wajar dirasakan seseorang. Namun ada beberapa orang yang memiliki rasa malu berlebihan hingga membuatnya takut untuk mendapatkan penolakan atau respon dari orang lain.

Kondisi tersebut bisa menjadi tanda munculnya Avoidant Personality Disorder (AVPD). Avoidant Personality Disorder adalah sebuah gangguan yang membuat penderitanya merasa takut dan menghindari segala jenis interaksi sosial dengan orang lain.

Beberapa pola yang kerap dialami oleh orang dengan APVD adalah memiliki ketakutan sendiri terhadap penolakan atau merasa tidak cukup. Kondisi tersebut pun juga bisa mengganggu dan menyebabkan permasalahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Drakor bagi yang Penasaran Tentang Dunia Forensik, Seru Semua!

Laman Very Well Mind menjelaskan bahwa kondisi AVPD sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental seperti anxiety disorder dan juga social anxiety disorder.

Orang dengan kondisi gangguan tersebut biasanya akan memilih untuk menjauhi beberapa hal karena adanya ketakutan untuk ditolak atau ketidaksetujuan. Hal tersebut dirasa menjadi sebuah pengalaman yang menyakitkan bagi mereka.

Penyebab dari munculnya AVPD atau Avoidant Personality Disorder sendiri menurut laman Health Line belum diketahui secara pastinya. Namun beberapa peneliti menerangkan bahwa faktor genetik dan faktor sosial menjadi penyebab yang berperan dalam gangguan ini.

Cara yang tepat untuk mengetahui dan mendiagnosis gangguan ini sendiri adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung pada ahlinya.

Namun, laman Psychology Today menjelaskan ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan atau panduan dari seseorang yang menderita Avoidant Personality Disorder atau AVPD.

Baca Juga: Anak Memiliki ADHD? Ini 6 Tips Mengasuhnya dengan Tepat

Yang pertama adalah adanya ketakutan untuk ditolak dan mendapatkan kritik. Karena hal tersebut biasanya orang dengan AVPD cenderung menghindari segala aktivitas yang melibatkan kontak dengan orang lain.

Tanda lainnya adalah sering melakukan penolakan untuk terlibat dalam suatu hal, kecuali dirinya merasa percaya diri dalam hal tersebut dan orang lain akan menyukainya.

Orang dengan AVPD juga mudah dikendalikan oleh rasa takut akan merasa malu dan dijadikan bahan bercanda. Sehingga mereka juga cenderung memilih menjauhkan diri dari keinginan untuk mencoba hal baru.

Perasaan mudah cemas dan merasa tidak rileks juga kerap dirasakan orang dengan AVPD. Selain itu orang dengan Avoidant Personality Disorder juga selalu merasa bahwa dirinya kurang dari orang lain. Sehingga hal tersebut menjadi penghalang mereka untuk menunjukkan kemampuan dan diri mereka sesungguhnya dalam aktivitas sosial.

Tentu saja pemeriksaan lebih lanjut juga perlu untuk dilakukan sebelum mendiagnosis seseorang mengalami Avoidant Personality Disorder. Segera lakukan pemeriksaan kepada ahli jika dirasa tanda-tanda tersebut sudah mulai mengganggu aktivitas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News