Keluarga

Apa Itu Anak Sulung? Inilah Kepribadian Anak Sulung

Apa Itu Anak Sulung? Inilah Kepribadian Anak Sulung

MOMSMONEY.ID - Anak sulung adalah istilah yang berangkali sudah tak asing lagi dalam penamaan anggota keluarga. Arti anak sulung seringkali disamakan dengan anak pertama. Lalu, apa sebenarnya arti anak sulung?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anak sulung adalah anak yang pertama. Masih merujuk pada KBBI, anak sulung artinya anak yang tertua atau anak embung.

Beberapa penelitian menunjukan, perbedaan karakter pada setiap anak bisa dipengaruhi dari urutan kelahiran. Sehingga, orang tua harus memahami pola pengasuhan pada setiap anak-anaknya. 

Lantas, seperti apa kepribadian dan sifat anak sulung? 

Baca Juga: Ingin Punya Bayi Perempuan? Coba Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Moms

Kepribadian anak sulung

Dikutip dari laman Parents, dr Kevin Leman, seorang psikolog, telah lama mempelajari urutan kelahiran sejak tahun 1967 dan menulis buku berjudul The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are (Revell).

Dalam penelitiannya tersebut, Leman menyebutkan perbedaan kepribadian saudara kandung terletak pada urutan kelahiran. Seperti kepribadian dan sifat anak sulung, tengah, bungsu bisa berbeda-beda.

Faktor inilah yang membuat bagaimana orang tua memperlakukan anak mereka.

Anak sulung terbiasa menjadi pusat perhatian. Mereka mendapatkan perhatian yang penuh dari ibu dan ayah untuk diri mereka sendiri sebelum memiliki adik. 

Selain itu, biasanya anak sulung mendapat nilai lebih tinggi pada tes IQ dan umumnya mendapatkan pendidikan lebih tinggi daripada saudara laki-laki dan perempuan mereka. Anak sulung cenderung berpenghasilan lebih tinggi dari saudara kandung mereka.

"Perhatian yang tidak terbagi itu mungkin banyak berhubungan dengan mengapa anak sulung cenderung berprestasi," kata Frank Farley, Ph.D., psikolog di Temple University, di Philadelphia, yang telah mempelajari kepribadian dan manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News