Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Risiko Penyakitnya

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Risiko Penyakitnya

ILUSTRASI. Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Adenovirus adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, mata, dan sistem saraf, dilansir dari Health Focus.

Meskipun bisa mengakibatkan berbagai penyakit infeksi, adenovirus memang lebih sering menimbulkan berbagai gangguan pernapasan seperti penyakit mirip flu, radang tenggorokan, dan pneumonia.

Berikut adalah tanda-tanda dan gejala yang umum dialami dari infeksi adenovirus:

  • Bersin dan hidung berair
  • Batuk
  • Demam
  • Mata merah
  • Sakit tenggorokan
  • Peradangan di paru-paru
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri perut

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Infeksi virus ini jarang menimbulkan dampak yang fatal, seperti komplikasi atau kematian, namun infeksi adenovirus bisa memicu terjadinya beragam penyakit, di antaranya. 

1. ISPA 

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak paling sering disebabkan oleh jenis adenovirus. Kondisi ini memicu beragam gejala, seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, demam, hingga nyeri tenggorokan.

2. Gastroenteritis

Gastroenteritis pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini menyebabkan Si Kecil mengalami diare, mual dan muntah, demam, sakit kepala, hingga kram perut.

Pada kondisi yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi karena diare. 

3. Gangguan saluran pernapasan 

Selain infeksi, virus ini juga bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis. Risiko penyakit ini menjadi lebih tinggi pada bayi atau anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh

4. Infeksi saluran kencing 

Infeksi saluran kencing (ISK) bisa disebabkan oleh infeksi virus, termasuk adenovirus. Gejala khas dari penyakit ini adalah sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, hingga kencing disertai darah. 

5. Infeksi mata 

Virus ini bisa masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi serta peradangan pada konjungtiva yang disebut dengan istilah konjungtivitis.

Konjungtiva adalah lapisan dalam kelopak mata dan selaput yang berfungsi untuk melindungi bola mata. Kondisi ini ditandai dengan gejala mata merah, berair, dan bengkak. 

Jika muncul gejala dehidrasi, sebaiknya segera bawa anak ke rumah sakit terdekat. Penanganan medis mungkin dibutuhkan untuk menghindari risiko berbahaya.

Selanjutnya: Prediksi Leicester vs Legia Warsawa di Liga Europa: The Foxes siap balas Wojskowi

Editor: Helvana Yulian
Terbaru