Bugar

Apa Benar Yoga Bisa Mengobati Insomnia? Baca Selengkapnya di Sini

Apa Benar Yoga Bisa Mengobati Insomnia? Baca Selengkapnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Yoga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Gerakannya melibatkan aktivitas fisik, latihan pernapasan, teknik relaksasi dan meditasi.

Dengan yoga, seseorang bisa mengenal tubuh, pikiran, jiwa dan seluruh aspek dalam diri lebih dalam dan bisa meningkatan kualitas tidur dan mencegah sekaligus mengobati insomnia.

Untuk mengobati insomnia, yoga bisa dilakukan secara intens sebelum tidur. Gerakan yang dilakukan meliputi forward fold, supine twist dan child’s pose.

Yoga terbukti efektif meningkatkan kualitas tidur bagi semua orang di rentang usia berbeda, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Baca Juga: Apakah Gangguan Tidur Adalah Gejala Gangguan Jiwa? Ini Penjelasannya

Untuk mengobati insomnia, disarankan untuk melakukan yoga secara rutin minimal 150 menit per minggu.

Berdasarkan jenis latihan yang dilakukan, dilansir dari Sleep Education, berikut ini adalah beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati insomnia, antara lain: 

Forward Fold 

Pose ini dilakukan dengan posisi berdiri dan membungkuk hingga kepala menyentuh lutut. Tujuannya adalah membantu meredakan ketegangan di leher, punggung, tulang belakang, pinggul dan betis.

Forward fold efektif meningkatkan suplai darah menuju otak guna membantu mengobati insomnia. Pertama-tama, berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggung.

Kemudian membungkuk ke depan sampai dada menempel di paha dan kepala menempel di lutut.

Tahan posisi ini selama 30 hingga 60 detik. Untuk kembali ke posisi semula, letakkan tangan ke pinggul untuk menahan bobot tubuh, kemudian perlahan luruskan tubuh.

Child’s Pose

Pertama-tama, posisikan tubuh duduk bersila. Kemudian, luruskan tangan ke depan dengan kedua telapak saling bersentuhan sembari membungkukkan badan hingga kepala menempel pada matras.

Tahan pose ini selama 60 detik. Untuk mengembalikan ke posisi semula, angkat pinggul dan punggung hingga badan kembali ke tegah. Pose ini memberikan efek peregangan di tulang belakang. 

Baca Juga: Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Supine Twist

Lakukan pose ini sesaat sebelum tidur. Caranya dengan berbaring terlentang dan tekuk lutut kanan ke arah kiri. Kemudian, rentangkan kedua lengan dan hadapkan badan serta kepala ke arah kanan.

Yoga dilakukan dalam posisi kepala dan badan berbalik arah dengan posisi kaki yang menekuk. Lakukan cara yang sama pada sisi tubuh lainnya. Manfaatnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan menjaga tekanan darah dalam tubuh. 

Selain melakukan yoga, Anda juga bisa melakukan cara lainnya untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, seperti mengurangi konsumsi kafein, menentukan waktu tidur yang sama setiap malamnya, dan mandi air hangat sebelum tidur.

Jika Anda sudah melakukan latihan yoga dengan rutin tetapi kualitas tidurmu tak kunjung meningkat, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya, agar keluhanmu bisa ditangani lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News