Keluarga

Apa Arti Anak Bungsu? Ini Sifat Anak Bungsu yang Sebaiknya Diketahui

Apa Arti Anak Bungsu? Ini Sifat Anak Bungsu yang Sebaiknya Diketahui

MOMSMONEY.ID - Anak bungsu adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga sebagian orang. Arti anak bungsu yakni seorang anak yang lahir paling akhir dalam satu keluarga.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anak bungsu adalah anak yang terakhir atau yang termuda dalam satu keluarga.

Baca Juga: Dubes Rosan Sebut Memperkenalkan Museum pada Anak-Anak Sangat Penting

Dengan kata lain, anak bungsu adalah sebutan dalam urutan keluarga berdasarkan waktu kelahiran.

Urutan lahir juga seringkali dijadikan dalam menentukan bagaimana orang tua harus mengasuh anak-anaknya. Hal inilah yang seringkali membuat pola pengasuhan setiap anak bisa berbeda. 

Baca Juga: 5 Fakta Soal Ahn So Hee, Pemeran Lee Jong Ah di Missing: The Other Side 2

Sifat anak bungsu

Sifat anak bungsu juga sering digambarkan memiliki sifat manja, bersedia mengambil risiko yang tidak perlu, dan kurang cerdas dibandingkan saudara tertua mereka.

Dikutip dari Healthline, seorang pakar psikologi bernama Alfred Adler menyebut kalau urutan kelahiran anak akan berdampak pada bagaimana seharusnya orang tua mengasuh anaknya. 

Sifat anak bungsu adalah anak yang kerap digambarkan sebagai pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi, percaya diri, dan kreatif.

Baca Juga: Puan Maharani Merasa Sudah Banyak Kerja, Tapi Tetap Banyak yang Tak Suka

Sifat anak bungsu tersebut mungkin saja muncul karena mereka ingin mendapatkan perhatian dari semua keluarganya, baik orang tua maupun saudaranya.

Namun demikian, sifat anak bungsu juga sering digambarkan memiliki sifat manja, bersedia mengambil risiko yang tidak perlu, dan kurang cerdas dibandingkan saudara tertua mereka.

Tetapi, semua sifat di atas sebenarnya ditentukan bagaimana orang tua mengasuh anak-anaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News