HOME, Keluarga

Anti Norak, Ini 4 Tips Menggunakan Warna Hijau di Rumah

Anti Norak, Ini 4 Tips Menggunakan Warna Hijau di Rumah

MOMSMONEY.ID - Hijau merupakan salah satu warna yang populer digunakan dalam dekorasi rumah, baik sebagai warna cat dinding maupun pernak-pernik rumah.

Melansir House Beautiful, warna hijau bahkan termasuk dalam daftar warna cat dinding yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2022. Termasuk ke dalam golongan warna earth tone, warna hijau dianggap dapat memberikan kesan segar dan menenangkan.

Nah, supaya warna hijau tidak membuat rumah terlihat norak, Anda perlu menggunakan warna ini dengan cermat. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Mengecat Tembok, Yuk Hindari!

Gunakan tanaman hias

Mengutip Living Spaces, salah satu cara termudah untuk menghadirkan warna hijau ke dalam rumah adalah dengan menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi.

Warna hijau dari tanaman hias memang mempercantik interior rumah dan memberi kesan segar. Namun, penggunaan tanaman hias tidak disarankan bagi Anda yang tidak telaten dalam merawat tanaman.

Jika Anda memang penggemar tanaman hias, maka boleh saja menggunakan tanaman sebagai dekorasi. Alternatifnya, hadirkan warna hijau melalui cat dinding, pernak-pernik, dan furnitur rumah dengan warna tersebut.

Tentukan suasana yang ingin dihadirkan

Setiap warna memiliki karakter yang berbeda, sehingga kesan yang dihadirkan akan berbeda pula. Jadi, tentukan suasana dan kesan yang ingin dihadirkan di suatu ruangan supaya Anda bisa memilih variasi warna yang tepat.

Dilansir dari The Spruce, warna hijau adalah jenis warna yang bisa terlihat trendi sekaligus tradisional. Pemilihan variasi warna hijau yang salah tentu akan menghadirkan kesan yang tidak sesuai dengan harapan.

Sebagai contoh, warna hijau gelap seperti hijau zamrud dapat memberikan kesan elegan, warna hijau lembut seperti hijau pastel akan memberikan kesan segar dan lapang, sementara warna hijau kekuningan akan terlihat energik dan hidup.

Baca Juga: Tips Menggunakan Warna Monokrom di Rumah, Unik dan Keren!

Gunakan kombinasi warna yang tepat

Supaya interior rumah terlihat cantik, Anda perlu menggunakan kombinasi warna hijau yang tepat.

Pada dasarnya, warna hijau sangat mudah dipasangkan dengan warna-warna lainnya. Salah satu kombinasi warna yang cukup populer adalah warna hijau dengan warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan coklat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kombinasi warna lain untuk memberikan kesan berbeda. Contohnya, gunakan kombinasi warna hijau pastel dan oranye gelap untuk kesan vintage, atau gunakan warna hijau gelap dan navy blue untuk kesan elegan.

Baca Juga: Ini Dia Tips Dekorasi Rumah Berdasarkan Shio Anda, Yuk Simak!

Gunakan sebagai aksen

Jika Anda belum berani menggunakan warna hijau dalam jumlah banyak, cobalah untuk menggunakannya dalam jumlah sedikit. Warna hijau pun akan menjadi aksen yang menarik di rumah Anda.

Dikutip dari Well+Good, Anda bisa mencoba menambahkan warna hijau di rumah melalui penggunaan satu furnitur atau pernak-pernik ruangan berwarna hijau. Supaya warna hijaunya makin mencolok, pastikan ruangan tersebut memiliki palet warna netral yang simpel.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan warna hijau pada interior rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News