Keluarga

Anti Mager, Simak 5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Saat Liburan

Anti Mager, Simak 5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Saat Liburan

MOMSMONEY.ID - Momen liburan biasanya dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang tidak bisa dilakukan di hari biasa dengan leluasa, termasuk membersihkan rumah.

Namun, ada pula orang-orang yang merasa momen liburan seharusnya dipakai untuk bersantai dan melepas lelah dari rutinitas sehari-hari, sehingga merasa tidak perlu sering-sering membersihkan rumah.

Nah, supaya rumah tetap terjaga kebersihannya saat liburan, ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan supaya kegiatan membersihkan rumah saat liburan tidak terasa berat. Dirangkum dari Family Handyman dan Maid Sailors, berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Kulkas Berbau Tidak Sedap? Coba Atasi dengan 4 Trik Ini!

Simpan alat kebersihan di tempat yang terjangkau

Menyimpan alat kebersihan di tempat yang terjangkau merupakan salah satu trik untuk memudahkan Anda membersihkan rumah saat liburan.

Misalnya, simpan karbol dan sikat lantai di dekat kamar mandi, atau simpan pembersih serbaguna dan kain lap di kabinet dapur. Jadi, jika Anda perlu membersihkan rumah dengan segera, tak perlu repot-repot membongkar stok produk kebersihan yang ada.

Rapikan tempat tidur setiap pagi

Walaupun terdengar sederhana, nyatanya merapikan dan membersihkan tempat tidur setiap pagi bisa membuat kamar tidur terlihat lebih bersih, lo.

Selain itu, merapikan tempat tidur setiap bagi dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih bersemangat, sehingga memicu Anda untuk merapikan bagian rumah yang lainnya.

Bersihkan rumah sambil mengerjakan hal lain

Supaya Anda bisa membersihkan rumah dengan lebih cepat, cobalah untuk membersihkan rumah saat sedang mengerjakan hal lain.

Sebagai contoh, Anda bisa mencuci peralatan dapur sambil memasak, menyortir pakaian sambil menonton televisi, hingga menyapu sambil mendengarkan radio atau podcast. Dengan trik ini, Anda pun bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien.

Baca Juga: Awas, Karpet Kotor Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan Ini!

Kembalikan barang ke tempatnya semula

Liburan kadang diisi oleh berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain board game, membuat kue, hingga membuat berbagai prakarya bersama anak-anak dan seluruh keluarga.

Nah, untuk membantu menjaga kebersihan dan kerapian rumah, jangan lupa untuk mengembalikan barang-barang tersebut ke tempatnya semula. Hal ini akan membantu mencegah rumah makin berantakan, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan rumah nantinya.

Prioritaskan kegiatan yang dirasa penting

Jika Anda tidak sempat membersihkan seluruh bagian rumah selama liburan, coba prioritaskan kegiatan bersih-bersih apa saja yang paling dibutuhkan saat ini, dan apa saja yang bisa ditunda.

Misalnya, jika rumah Anda akan kedatangan tamu selama liburan, prioritaskan untuk membersihkan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, atau ruang mana pun yang kemungkinan akan disinggahi oleh si tamu. Sementara itu, Anda bisa menunda untuk membersihkan ruangan lain, misalnya kamar tidur atau garasi.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kebersihan rumah saat liburan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News