Keluarga

Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi bulan puasa dan lebaran. Biasanya makin banyak orang yang mengonsumsi masakan bersantan seperti gulai, opor, hingga rendang. Namun, ada sederet bahan pengganti santan yang terkenal menyehatkan.

Beberapa bahan pengganti santan ini mengandung protein yang tinggi, lemak yang lebih rendah, serta kandungan kolesterolnya yang juga sedikit. Sangat cocok dikonsumsi untuk para orang tua yang ingin tetap menikmati lezatnya hidangan puasa dan lebaran tanpa takut kolesterol naik.

Berikut ini bahan pengganti santan, yang dilansir dari Tasting Table, Healthline, Fibercreme, dan Nutriflakes, selengkapnya.

Susu evaporasi

Susu Evaporasi vs Susu Kental Manis

Bahan makanan pengganti santan yang dinilai dapat jauh lebih menyehatkan dan anti kolesterol adalah susu evaporasi.

Susu evaporasi sekilas mirip dengan kental manis, namun teksturnya lebih cair dan tanpa gula.

Susu evaporasi dapat menggantikan santan dengan perbandingan 1:1 untuk hidangan sup & makanan berkuah lainnya, seperti rendang, dll.

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Susu segar

Susu segar juga menjadi salah satu bahan makanan pengganti santan yang menyehatkan. Susu segar, baik dari sapi ataupun kambing dapat diolah menjadi dessert dan aneka hidangan yang creamy, seperti sup krim misalnya.

Sayangnya, susu segar mengandung laktosa dalam jumlah yang cukup tinggi. Tidak disarankan mengganti santan menjadi susu segar bagi orang-orang yang intoleran laktosa karena akan menyebabkan alergi.

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Air, Tetap Terhidrasi Meski Sedang Berpuasa

Susu kedelai tanpa tambahan gula

Susu kedelai jadi salah satu bahan makanan pengganti santan yang menyehatkan. Namun perlu diingat, jenis susu kedelai pengganti santan yang dipilih merupakan susu kedelai tanpa tambahan gula.

Susu kedelai berbahan dasar nabati yang artinya mengandung lemak lebih sedikit daripada santan. Rasio takarannya adalah 1:1.

Susu kedelai tergolong lebih menyehatkan daripada santan. Dalam 1 cangkir berukuran 240 ml, susu kedelai mengandung 7 gram protein jika dibandingkan dengan santan yang hanya mengandung 0,5 gram protein.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Para Pemilik Perut Buncit

Susu oat

Bahan makanan pengganti santan yang menyehatkan dan anti kolesterol adalah susu oat. Susu oat punya tekstur lembut, gurih, dan lebih kental. Kandungan lemak jenuhnya pun lebih rendah dari santan.

Susu oat cocok menggantikan santan dalam hidangan kari.

Yogurt tawar

Yogurt tawar

Bahan makanan pengganti santan selanjutnya adalah yogurt tawar. Yogurt tawar ataupun Yogurt Yunani punya tekstur super kental, hampir mirip tekstur santan.

Meski rasanya sedikit asam, namun yogurt tetap bisa menggantikan santan dalam beberapa hidangan tertentu.

Jika ingin menambahkan yogurt tawar ke dalam hidanganmu, tambahkan juga air untuk membuat teksturnya sedikit cair, serta gula agar rasanya tak terlalu asam.

Baca Juga: 3 Jenis Daging yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Heavy cream

Heavy cream atau Whipping cream juga merupakan bahan makanan pengganti santan. Perbandingannya adalah 1:1.

Dilansir dari Tasting Table, kedua jenis krim ini memiliki jumlah lemak yang tinggi, yakni 30-36%.

Krimer nabati

Bahan makanan pengganti santan yang terkenal menyehatkan dan anti kolesterol adalah krimer nabati.

Krimer dapat menggantikan aneka hidangan berkuah, seperti gulai, opor, lodeh, nasi uduk, dan aneka jenis sayur yang membutuhkan santan.

Krimer nabati mengandung serat pangan alami sehingga tak membuat pencernaan jadi terganggu seperti saat mengonsumsi masakan bersantan terlalu banyak.

Baca Juga: Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini 7 Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

Susu almond

Susu almond

Bahan makanan pengganti santan yang terkenal menyehatkan dan anti kolesterol adalah susu almond. Susu ini dikenal ramah untuk penderita asam lambung yang tak dapat mengonsumsi santan berlebih.

Susu nabati yang satu ini punya kandungan lemak & kolesterol yang rendah. Sayangnya, susu almond tergolong cair, sehingga Anda harus menambahkan sedikit air kelapa agar teksturnya mengental.

Baca Juga: 4 Tips Mengawetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Cepat Basi

Pilihlah jenis susu almond tanpa tambahan gula. Susu almond dapat dipadukan dalam aneka minuman seperti latte hingga smoothie.

Hindari menggunakan susu almond sebagai pengganti santan dalam masakan sup hingga semur karena teksturnya yang terlalu cair.

Demikian sederet bahan pengganti santan yang terkenal menyehatkan dan anti kolesterol untuk hidangan puasa & lebaran nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News