Keluarga

Anti Gagal, Ini 5 Tips Ampuh Mengolah Rendang Supaya Empuk dan Enak

Anti Gagal, Ini 5 Tips Ampuh Mengolah Rendang Supaya Empuk dan Enak

MOMSMONEY.ID - Berencana membuat rendang untuk sajian Lebaran Idul Fitri nanti? Coba simak beberapa tips mengolah rendang supaya berdaging empuk dan rasanya enak.

Terkadang, perjalanan mengolah rendang tak selalu mulus. Ada kalanya memasak rendang terbilang gagal karena terdapat kesalahan, mulai dari bahan yang dipilih hingga cara masak yang salah.

Agar olahan rendang yang Anda buat bisa sempurna, MomsMoney telah sajikan tips jitu mengolah rendang anti gagal. Melansir dari Royco, berikut artikelnya.

Baca Juga: 3 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Berbau Menyengat Saat Dikonsumsi

Pilih bagian daging yang tepat

Pemilihan bagian daging rupanya menjadi tips mengolah rendang yang paling utama, karena akan menentukan empuk atau tidaknya hasil masakan rendang nanti.

Saat memilih bagian daging untuk olahan rendang, maka hindari bagian-bagian daging yang super empuk seperti has dalam, contohnya.

Daging Merah

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Meski has dalam bikin olahan rendang jadi empuk, namun rupanya waktu memasak rendang yang lama jadi bahan pertimbangan. Daging bagian has dalam yang lunak akan lebih mudah hancur jika dimasak lebih dari 4 jam.

Maka solusinya, gunakan bagian daging lainnya yang bertekstur lunak namun padat, seperti bagian paha sapi, terutama paha bagian luar.

Tips tambahan dari Wiliam Wongso yang dilansir dari Wonderful Indonesia, bagian sengkel atau betis sapi juga merupakan bagian daging terbaik karena mengandung kolagen yang bisa bikin olahan rendang lebih empuk.

Baca Juga: Cara Memilih Cumi, Membersihkan hingga Memasak Cumi Agar Tetap Segar

Buat bumbu halus dengan tepat

Salah satu tips mengolah rendang supaya masakannya enak tentu terletak pada bumbunya.

Pilihlah bumbu dari bahan rempah yang masih segar dan belum layu. Semakin segar rempah yang dipilih, maka semakin lezat rasa rendang & masa simpannya pun jadi jauh lebih lama.

Selain itu, bumbu rempah harus diolah dengan cara digiling, bukan diblender. Tujuannya agar aroma rempah lebih terasa, serta minyak alami dari bumbu dapat keluar sempurna. Inilah yang membuat daging rendang terasa lebih sedap.

Baca Juga: Beda Tekstur Daging hingga Warna, Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Perhatikan langkah memasak

Tips mengolah rendang supaya empuk dan enak salah satunya dengan memperhatikan langkah memasak.

Setelah Anda beres menggiling bumbu halus, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mulai memasak santan. Maka tuangkan santan lalu bumbu halus ke dalam wajan. Masak hingga minyak alami dari bumbu mulai keluar.

Jika minyak alami dari bumbu belum keluar, maka jangan dulu memasukkan daging sapi ke dalam wajan.

Memasukkan daging sapi ke wajan sebelum waktunya hanya akan membuat rendang jadi kurang sedap.

Baca Juga: Berkualitas Baik, Ikuti Cara Memilih dan Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Takaran santan

Santan kelapa

Tips mengolah rendang supaya dagingnya empuk dan terasa lebih gurih, maka takaran serta penggunaan santan pun wajib diperhatikan.

Gunakan perbandingan daging dan santan 1 : 3, yaitu perbandingan setiap 1 kg daging sapi dimasak dengan santan kental dari 3 butir kelapa.

Untuk menambahkan cita rasa pedas, maka perbandingannya menjadi setiap 1 kg daging sapi menggunakan 250 gram cabai serta santan kental yang setara dengan 4 butir kelapa.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Daging Keras Jadi Empuk, Tak Takut Lagi Mengolahnya!

Gunakan Api Kecil

Tips penting lainnya dalam mengolah rendang agar berdaging empuk dan rasanya gurih adalah memasaknya harus menggunakan api kecil

Masaklah rendang dengan sabar menggunakan api kecil selama 4 jam agar bumbu meresap dan tidak mudah gosong.

Apabila Moms suka dengan daging rendang yang kering dan tak berkuah, maka Moms bisa memasak rendang selama 5-6 jam.

Baca Juga: 4 Cara Pintar Brining Daging agar Daging Empuk, Juicy, dan Lebih Beraroma

Jangan pernah memasak rendang dalam waktu kurang dari 4 jam. Jika Moms memasak rendang hanya dalam waktu 4 jam, maka Moms bukan menyajikan Rendang, melainkan Kalio, yakni rendang setengah jadi dengan bumbu basah (berminyak) yang menggumpal banyak.

Jangan lupa aduk rendang secukupnya saja dan jangan terlalu sering agar daging tak mudah hancur. Cukup aduk rendang hanya untuk memastikan bahwa dagingnya tak gosong.

Itu dia sederet tips mengolah rendang supaya empuk dan enak untuk disajikan di Hari Lebaran nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News