HOME, Keluarga

Anjing Suka Menyembunyikan dan Mengubur Barang, Apa Alasannya?

Anjing Suka Menyembunyikan dan Mengubur Barang, Apa Alasannya?

Baca Juga: Susu Fermentasi (Kefir) Bisa Mencegah Anjing Peliharaan Sakit

Dilansir dari dailypaws.com, Leslie Sinn, DVM, DACVB, CPDT-KA, dan pemilik Behavior Solutions di Hamilton mengatakan, pikiran umum kebiasaan mengubur benda-benda berharga adalah perilaku caching alami yang terlihat pada canid lain, seperti serigala, koyote, dan rubah merah. Caching adalah penyimpanan makanan yang tersedia untuk dikonsumsi nanti.

Anjing masa kini ternyata memiliki pemikiran yang sama dengan nenek moyang mereka. Hal ini sangat wajar dan alami. Sama seperti tupai yang menyimpang kacang untuk musim dingin atau manusia yang menyimpan barang di brankas, anjing juga mengubur barang mereka yang berharga agar tetap aman dan tak kehilangan barang itu.

Namun, anjing masa kini tak akan pernah kekurangan makanan karena pemilik akan selalu memperhatikan mereka. Lalu, apa alasan sebenarnya?

Jika suatu hari Anda menemukan anjing Anda mengubur makanan, ada kemungkinan bahwa anjing Anda kelebihan makanan. Saat anjing sudah kenyang dengan makanannya, mereka biasanya akan berusaha menyembunyikan sisa makanan untuk dikonsumsi nanti sebagai cemilan.

Baca Juga: Aneka Tingkah Laku Kucing dan Artinya

Namun, mengubur makanan yang bagi anjing juga dapat berarti bahwa anjing sedang merasa tak aman dengan lingkungannya. Anjing akan mengubur makanannya sampai menunggu waktu yang nyaman untuk memakannya kembali.

Dalam hal ini, sebagai pemilik Anda perlu memperhatikan tingkah laku anjing Anda, apalagi jika ternyata ada beberapa anjing yang tinggal bersama Anda.

Mereka juga bisa jadi bosan dengan makanan yang Anda berikan. Sebab bosan itulah, anjing memilih untuk mengubur makanan agar tak perlu repot-repot memakan makanan yang menurutnya membosankan.

Selain itu, saat hewan tinggal bersama hewan lain dalam satu rumah, seekor anjing secara naluriah akan menyembunyikan barangnya (mainan atau hal-hal yang dianggapnya berharga) untuk diri mereka sendiri. Mereka khawatir bila anjing atau hewan lain akan mencuri barang-barang atau makanan mereka.

Seekor anjing yang tertekan atau tak bisa beradaptasi dengan lingkungannya biasanya juga akan mengubur barang mereka ke dalam tanah atau menyembunyikannya ke suatu tempat yang aman.

Dengan melakukan hal ini, anjing yang cemas akan merasa aman karena barang-barangnya sudah disembunyikan.

Baca Juga: Apakah cokelat berbahaya bagi anjing?

Dalam kasus yang parah, seekor anjing yang selalu tertarik dengan segala hal akan menyembunyikan barang-barang yang mereka anggap berharga.

Ini tentu dapat menyebabkan masalah untuk Anda karena barang jadi hilang satu persatu dari dalam rumah. Cara mengatasi hal ini, Anda perlu berkonsultasi dengan konsultan perilaku anjing.

Namun, Anda tetap bisa mengatasinya sendiri dengan memberikannya beberapa pelajaran tentang cara bermain yang benar sejak awal. Anda juga tak boleh memberi akses anjing untuk menyentuh barang-barang penting Anda seperti kunci mobil, sepatu, remot, ponsel dan sebagainya.

Berikan mainan yang sesuai untuk anjing agar mereka memiliki benda pribadi mereka sendiri.

Dilansir dari akc.org, anjing dengan rutinitas yang merangsang mental dan fisik cenderung tak memiliki kebiasaan buruk.

Mengajarkan trik kepada anjing merupakan cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan anjing Anda, sekaligus mengajarkan tata krama bermain yang sopan.

Selanjutnya: Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Melihat Hantu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News