ads

Anjing Boleh Makan Kacang-Kacangan, Tapi Perhatikan Hal-Hal Ini

Sumber: The Spruce Pets,American Kennel Club,Daily Paws
Minggu, 30 Januari 2022 | 12:05 WIB
Anjing Boleh Makan Kacang-Kacangan, Tapi Perhatikan Hal-Hal Ini


MOMSMONEY.ID - Anjing peliharaan mungkin memiliki keinginan untuk mencicipi makanan Anda, seperti sepotong roti, buah-buahan, maupun kacang-kacangan.

Namun, Anda sebaiknya harus mencari informasi lebih dulu tentang keamanan salah satu makanan itu bila dikonsumsi Anjing. Misalnya, kacang-kacangan.

Singkatnya, anjing boleh makan kacang dan mereka bisa memakannya. Namun, tetap ada aturan dan beberapa hal lain yang harus pemilik ketahui tentang memberi anjing makanan kacang-kacangan. Lebih amannya, Anda dapat mengonsultasikannya dengan dokter hewan yang lebih banyak tahu.

Baca Juga: Manfaat Diffuser Feromon untuk Menenangkan Kucing yang Stress

Jenis Kacang yang Aman untuk Anjing

Dilansir dari AKC, kacang terbaik untuk anjing bukanlah kacang asin yang enak atau yang disukai kebanyakan orangorang

Kacang tanah panggang kering (atau mentah) adalah satu-satunya kacang yang benar-benar aman untuk dimakan anjing.

Anda tentu juga harus memisahkan antara kacang dengan kulitnya sebelum diberikan kepada anjing. Selain itu, kacang harus bebas dari segala macam bumbu termasuk garam.

Beberapa anjing menyukai menu selai kacang, tetapi Anda harus benar-benar memperhatikan bahan-bahannya.

Dilansir dari The Spruce Pets, beberapa merek selai kacang mengandung bahan yang disebut xylitol, yang beracun bagi anjing dan bahkan makan dalam jumlah kecil bisa berakibat fatal.

Jadi, pastikan ketika membeli selai kacang, produk harus bebas gula, garam, atau perasa. Bahkan mengandung madu pun tidak aman untuk anjing Anda.

Manfaat Kacang untuk Anjing

Kacang dapat menawarkan beberapa manfaat yang baik untuk anjing. Kacang tanah mengandung protein dan sumber lemak yang sehat.

Kacang juga mengandung vitamin B6, vitamin E, niasin, potassium, dan fosfor. Hati-hati karena kandungan lemak pada kacang cukup tinggi, yakni 50% lemak dan 9% serat menurut beratnya.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Manusia yang Beracun untuk Anjing Peliharaan

Seberapa Banyak Kacang yang Boleh Dikonsumsi Anjing

Setelah Anda mengetahui kacang cukup aman untuk anjing, Anda perlu mengetahui seberapa banyak yang bisa disajikan untuknya.

Dilansir dari Daily Paws, asupan kalori harian anjing berkisar antara 200-1350 kalori bergantung berat tubuhnya, menurut Association for Pet Obesity Prevention (APOP).

Kacang mengandung banyak lemak, sehingga terlalu banyak memberinya kacang akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Paling terbaik adalah memberi kacang secukupnya dalam beberapa minggu atau 10% dari kalori hariannya. Namun, bila penambahan berat badan bukan tujuan Anda, sebaiknya batasi cemilan kacang untuk anjing.

Anda dapat menemukan ide resep-resep makanan untuk kacang di internet, misalnya menggilingnya menjadi selai tanpa bumbu setelah dipanggang.

Risiko Makan Kacang Bagi Anjing

Saat memberi makan kacang, Anda harus menyingkirkan kulitnya. Sebab, kulit kacang sulit dicerna oleh anjing dan dapat menyebabkan penyumbatan usus, bahaya tersedak, dan risiko obstruksi gastrointestinal.

Kacang juga mengandung tinggi lemak, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan bila dikonsumsi berlebih. Kenaikan berat badan, yang berlebih dari bobot idealnya, pada anjing akan menyebabkan gangguan kesehatan

Sementara itu, kacang asin mengandung banyak natrium yang dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang serius untuk anjing.

Kacang kemasan lainnya (selai kacang) dengan perasa buatan biasanya mengandung bahan-bahan kimia lain yang mungkin beracun untuk anjing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER