Keluarga

Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

MOMSMONEY.ID - Mau bikin berbagai sajian masakan ayam seperti ayam goreng hingga ayam bakar? Jangan lupakan tahapan mengungkep ayam. Untuk tahu bagaimana tips bikin ayam ungkep yang benar, simak yang berikut ini.

Melansir dari Kompas, ungkep ayam merupakan suatu proses membumbui ayam sebelum mengolahnya jadi berbagai hidangan.

Tapi nyatanya, proses ungkep ayam tak bisa sembarangan dilakukan. Agar prosesnya tak melenceng, berikut Momsmoney telah merangkum beberapa tips bikin ayam ungkep jadi empuk dan bumbunya meresap sempurna. Melansir dari Maggi, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Bagi jadi beberapa bagian

Tips bikin ayam ungkep jadi empuk dan enak adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Ayam yang ukurannya lebih kecil jauh lebih cepat matang dibandingkan mengungkep ayam utuh.

Selain itu, kerat-kerat badan ayam agar bumbu ungkep jadi lebih mudah meresap ke dalam daging. Mengeratnya membuat ayam jadi lebih mudah empuk dan dapat dengan mudah diketahui tingkat kematangannya.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menyimpan Susu Cair di dalam Kulkas Agar Tak Cepat Basi

Rebus sebelum diungkep

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Mau bikin ayam ungkep jadi empuk, pulen, dan terasa gurih? Coba rebus dulu sebelum diungkep.

Rebuslah ayam yang ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis dalam durasi yang sebentar. Perebusan ini bertujuan agar lemak dan kotoran ayam dapat larut sehingga ayam tak berbau amis.

Dengan merebus ayam sebelum diungkep, maka bumbu masakan dapat lebih mudah menyerap ke dalam daging saat proses pengungkepan sedang berlangsung.

Bumbu ungkep harus halus

Agar bikin bumbu ayam ungkep jadi meresap sempurna, pastikan bumbu ungkep yang Moms buat benar-benar halus.

Dibandingkan diblender, lebih disarankan untuk mengulek bumbu ungkep agar minyak alami bumbu dapat keluar dan membuat bumbu ungkepan jadi lebih sedap.

Baca Juga: Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri dari Segi Tekstur hingga Warna

Rebus dengan benar

Untuk bikin ayam ungkep jadi empuk, tentu harus melalui tahapan memasak yang sempurna. Untuk itu, Moms harus merebus ayam dengan api yang kecil selama 30-45 menit. Jangan lupa menutup panci agar ayam ungkep lebih cepat matang.

Rebuslah ayam ungkep hingga bumbu mengental dan kulit ayam mengerut.

Itulah beberapa tips bikin ayam ungket jadi empuk dan bumbunya meresap sempurna hingga ke dalam daging. Bagi Moms yang berencana bikin masakan ayam, coba tips-tips ayam ungkep di atas, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News