Keluarga

Aneka Tanaman Hias Minim Perawatan, Jenis Lidah Mertua Ini Paling Langka

Aneka Tanaman Hias Minim Perawatan, Jenis Lidah Mertua Ini Paling Langka

MOMSMONEY.ID - Bagi pemula yang ingin memulai merawat tanaman hias, ada beberapa aneka tanaman hias minim perawatan. Tanaman hias ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba hal baru di bidang tanamann hias. 

Aneka tanaman hias minim perawatan ini bisa tetap hidup apabila Anda tidak sempat merawatnya. 

Tak hanya itu, tanaman hias minim perawatan ini juga mudah ditemui dan didapatkan. Tanaman hias minim perawatan ini cocok untuk Anda yang tidak selalu di rumah. 

Sebab, ada saatnya Anda tidak bisa merawat tanaman hias di rumah karena harus pergi hingga beberapa hari.

Baca Juga: Mengenal Zodia, Berikut 5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Mudah Dirawat

Mengutip Martha Stewart, berikut tanaman hias minim perawatan dan tidak mudah mati:

1. Tanaman ZZ

Tanaman ini mungkin saja menempati urutan pertama sebagai tanaman hias terberat yang pernah ada, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Dengan daun lilin yang menarik dan umbi bawah tanah, tanaman ZZ menyimpan air yang tersedia di umbinya dan dapat bertahan selama berbulan-bulan. 

2. Lidah buaya (Aloe vera)

Aloe adalah sukulen yang dikenal karena daunnya yang montok, yang mengandung gel penyembuhan yang digunakan untuk luka bakar dan luka kecil.

Sebagai sukulen, tanaman indoor dan outdoor ini menyukai tanah yang cepat kering.

Baca Juga: Harga Aglonema Tiara Merah, Simak Rekomendasi Tempat untuk Merawatnya

3. Tumbuhan laba-laba

Tempatkan tanaman hias ini di tempat yang terang, cahaya tidak langsung dan air secara menyeluruh saat tanah benar-benar kering.

4. Cemara china (aglaonema)

harga aglonema tiara

Pohon cemara china, yang dikenal sebagai aglaonema, tumbuhan ini paling baik dalam suhu kamar sedang, dan tumbuh dengan baik dengan kelembaban tertentu, menjadikannya tanaman indoor yang bagus.

Mereka membutuhkan air saat bagian atas tanah kering, jadi tanaman ini akan tumbuh paling baik saat kamu bepergian dalam waktu singkat. 

5. Lidah mertua 

Tanaman lidah mertua memiliki daun yang kaku, berlilin dan tegak. Lidah mertua tetap tumbuh subur meski tidak dirawat secara intens. 

Tempatkan tanaman lidah mertua dalam cahaya sedang hingga terang. Tanaman ini bekerja shift malam (tanaman lain bekerja di siang hari), menyerap karbon dioksida dan bahan kimia berbahaya lainnya di udara rumah tangga dan melepaskan oksigen segar.

Tanaman lidah mertua memang memiliki banyak jenis. Tapi, tahukah kamu jenis lidah mertua yang langka? Tanaman hias yang memiliki nama Sansieviera ini ternyata memiliki keistimewaan yaitu dapat menyerap radiasi elektronik.

Baca Juga: Bisa Atasi Insomnia, Coba Letakkan 8 Tanaman Hias dalam Kamar Berikut Ini

Berikut jenis lidah mertua yang langka dan harganya fantastis;

Kirkii Silver Blue

Jenis lidah mertua ini memiliki harga yang cukup mahal, berkisar antara Rp 500.000 atau lebih. Lidah mertua ini memiliki daun berwarna hijau agak biru, serta tambahan warna silver.

Berbeda dengan jenis lidah mertua pada umumnya, jenis ini memiliki bentuk daun yang pendek dan tepi yang bergelombang.

Perawatan lidah mertua jenis ini dengan meletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, kamu juga perlu menyiram selama dua kali seminggu.

Mutated Golden Wendy

Harga lidah mertua jenis ini berkisar Rp 400.000 per pot. Lidah mertua ini menjadi salah satu jenis yang langka dan mahal.

Tanaman ini memiliki karakteristik daun berwarna kuning keemasan dan hijau. Tak heran, lidah mertua jenis mutated golden wendy ini menjadi favorit di kalangan kolektor tanaman.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis, Cocok Dijadikan Dekorasi

Variegated Whale Fiin

Variegated Whale Fiin termasuk lidah mertua yang mahal. Harga tanaman ini berkisar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 untuk satu daun.

Selain mahal, tanaman jenis ini memiliki ciri khas. Lidah mertua jenis ini memiliki daun lebar seperti ekor ikan paus. Kemudian, memiliki warna hijau dan corak varigata kuning muda pada daunnya.

Whitney

Tanaman jenis ini merupakan tanaman sukulen asli Afrika. Biasanya, lidah mertua jenis ini ditanam di iklim dingin. Meski demikian, jenis lidah mertua ini tetap menyukai sinar matahari.

Lidah mertua jenis ini cocok untuk kamu yang suka mengoleksi tanaman. Sebab, karakteristik tanaman ini cukup unik. Ia memiliki daun yang agak bergelombang dengan list corak hijau muda pada bagian pinggir dan warna hijau tua pada bagian tengah.

Nah, itulah aneka tanaman hias minim perawatan yang bisa Anda coba. Selain itu, ada beberapa jenis lidah mertua langka yang memiliki harga fantastis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News