HOME, Keluarga

Aneh! 3 Makanan Korea ini Sangat Tidak Biasa di Lidah, Mau Coba?

Aneh! 3 Makanan Korea ini Sangat Tidak Biasa di Lidah, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Nyatanya, tidak semua makanan Korea bercita rasa enak, loh! Ada juga beberapa makanan yang terbilang aneh dan tidak biasa di lidah para turis, terutama orang Indonesia.

Makanan unik & aneh ini kerap kali muncul di beberapa drama & film Korea. Entah karena baunya ataupun bahannya yang tidak biasa, beberapa makanan ini masuk ke dalam kategori “unik” bahkan bagi masyarakat Korea sendiri

Penasaran kan, apa saja makanan Korea yang unik dan tidak biasa bagi banyak orang? Merangkum dari The Culture Trip, 90 Day Korean, dan Tripzilla, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 4 Kesalahan dalam Memasak Kue yang Sering Dilakukan Pemula

Soondae

Makanan Korea Soondae

Makanan Korea pertama yang unik & tidak biasa ini bernama Soondae.

Soondae merupakan sosis khas Korea yang terbuat dari darah sapi/babi.

Sekilas memang mengerikan, tapi nyatanya banyak yang menjadikan makanan yang satu ini sebagai makanan favorit masyarakat Korea, loh!

Soondae ini dibuat dengan cara memasukkan darah, nasi, mie, dan beberapa bumbu lainnya yang dikemas ke dalam usus sapi/babi.

Pengemasannya itu sendiri sangat mirip dengan bentuk sosis pada umumnya, sehingga Soondae disebut sebagai sosis darah yang lezat dari Korea.

Soondae sendiri merupakan salah satu street food yang paling terkenal di berbagai wilayah Korea Selatan. Soondae kerap kali muncul pada adegan makan di beberapa Drama Korea.

Baca Juga: Resep Ikan Kakap Bakar Bumbu Jahe, Sajian Hangat Ikan Bakar yang Kaya Rempah

Sannakji

Makanan Korea Sannakji

Sannakji adalah makanan Korea yang sangat tidak biasa, namun sudah sangat populer hampir di seluruh dunia.

Sannakji merupakan gurita yang dimakan hidup-hidup. Sesuai namanya, kata “Sannakji” berasal dari kata “San” yang artinya “Hidup”, dan “Nakji” yang artinya “Gurita”.

Baca Juga: Tips Membuat Ayam Bakar yang Empuk & Tidak Gosong

Baca Juga: Yuk, Ikuti! Ini Cara Alami Hilangkan Karat pada Pisau Dapur

Karena gurita dalam Sannakji masih hidup, maka gurita yang dipilih pun adalah yang masih fresh dan langsung diambil dari aquarium pasar. Anda tidak perlu jijik, karena pasar ikan di Korea Selatan terjamin kebersihannya.

Nantinya, Sannakji akan langsung dihidangkan dengan memotong kecil-kecil tentakel gurita. Karena memang masih hidup, maka kemungkinan besar tentakel yang telah dipotong kecil-kecil ini bergerak di atas piring Anda.

Jangan salah, meski terlihat cukup mengerikan, tapi kebanyakan turis sangat penasaran dengan makanan yang satu ini, loh! Banyak di antara mereka yang pada akhirnya mencoba memakan Sannakji saat berkunjung ke Korea.

Baca Juga: Tips Buat Pie Susu Lembut Asal Bali Anti Gagal, Yuk!

Hongeo

Makanan Korea Hongeo

Hongeo adalah sajian daging ikan skate yang difermentasi. Ikan skate ini hampir mirip dengan ikan pari.

Makanan yang satu ini jadi salah satu makanan paling unik dan tidak biasa karena menimbulkan bau yang menyengat pada mulut setelah mengonsumsinya.

Alasan mengapa hidangan Hongeo berbau menyengat adalah karena saluran pembuangan air kecil pada ikan skate itu sendiri.

Ikan skate buang air kecil melalui asam urat pada kulit mereka. Alhasil ketika sedang difermentasi, asam urat terurai menjadi senyawa ammonia dengan bau yang begitu kuat.

Hongeo biasa dimakan bersama kimchi dan saus gochujang untuk sedikit menetralisir rasa.

Perlu Anda ketahui, tidak semua orang Korea mau menyantap Hongeo ini karena baunya yang sangat kuat, loh! Tapi jika Anda penasaran, Anda bisa membeli Hongeo ini di restoran-restoran khusus di Korea Selatan.

Nah, dari ketiga makanan Korea yang unik dan tidak biasa ini, adakah yang membuat Anda tertarik untuk menyantapnya?

Selanjutnya: 4 Tips Memasak Telur yang Sempurna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News