Santai

Android 14 Kapan Rilis? Simak Penjelasan dan Daftar HP yang Kebagian Update

Android 14 Kapan Rilis? Simak Penjelasan dan Daftar HP yang Kebagian Update

MOMSMONEY.ID - Belum semua smartphone merasakan Android 13, namun pembaruan software selanjutnya telah dijadwalkan. Lalu, Android 14 kapan rilis?

Pertanyaan mengenai Android 14 kapan rilis membuat pengguna Android semakin membuat penasaran dan tidak sabar. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai Android 14 kapan rilis. Selain itu, Anda juga perlu menyimak daftar HP yang kebagian update Android 14. 

Diketahui, Google telah mulai mengerjakan Android 14. Menurut bocoran awal yang diungkapkan oleh Pengembang XDA, Android 14 telah diberi nama kode "Kue Terbalik".

Baca Juga: Cek Daftar Harga iPhone 2023 Termurah, iPhone 11 Turun Jadi Rp 7 Jutaan

Bagi mereka yang tidak sadar, Google cenderung menamai setiap versi Android dengan nama makanan penutup.

Mengutip Getdroidtips, belum ada informasi resmi mengenai tanggal perilisan Android 14. Tapi, diprediksi Android 14 dirilis pada Mei 2023.

Terlepas dari itu, Pratinjau Pengembang akan ditayangkan pada Februari 2023. Hal ini agar pengembang dapat mengadaptasi aplikasi mereka ke OS Android yang baru.

Selain itu, Pratinjau Pengembang 2 diharapkan meluncur bulan depan, Maret 2023.

Beta publik kemudian akan mulai diluncurkan pada April 2023 dan berlanjut hingga Juli 2023. Dan terakhir, stable build akan dirilis pada Agustus 2023.

Fitur Android 14 

Berikut prediksi fitur Android 14:

1. Menghapus Dukungan untuk Android Beam

Android Beam, fitur yang pertama kali diperkenalkan di Android 4.0 Ice Cream Sandwich, tidak akan lagi didukung di Android 14.

Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi konten seperti foto, video, dan file lainnya dengan mudah antara dua perangkat Android dengan mengetuknya bersamaan.

Semua jejak kode Android Beam telah dihapus dari kerangka kerja NFC, membuktikan bahwa fitur tersebut memang akan dihapus mulai Android 14.

Baca Juga: Cara Custom Home Screen Samsung di Android 13 Jadi Estetik

2. Dukungan Wajib untuk Dekode AV1

Google berencana untuk membuat decoding AV1 wajib di Android 14, versi mendatang dari sistem operasi seluler populer mereka.

Langkah ini juga berimplikasi pada layanan streaming dan pembuat konten, yang akan dapat memanfaatkan peningkatan kompresi untuk menawarkan pengalaman visual berkualitas lebih tinggi dengan bitrate lebih rendah.

Ini dapat mengurangi konsumsi data, serta meningkatkan kinerja streaming, karena AV1 jauh lebih efisien daripada codec lainnya.

3. Konektivitas Satelit 

Dengan diperkenalkannya fitur SOS Via Satelit di seri iPhone 14, Google tampaknya juga mengambil langkah ke arah itu. Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur ini dan berencana untuk menghadirkannya dengan Android 14. I

4. Dukungan Lebih Baik untuk Perangkat Lipat

Terakhir, pembaruan Android 14 juga harus menyertakan dukungan yang lebih baik untuk perangkat foldable.

Ini akan memudahkan pengguna untuk menggunakan perangkat foldable mereka dengan Android versi terbaru.

Hal ini lebih masuk akal karena kami baru-baru ini melihat bocoran render dari smartphone Google Pixel Fold yang akan datang.

Baca Juga: Simak Cara Update Android 13 Vivo dan Daftar HP yang Kebagian Funtouch OS 13

Daftar HP yang didukung Android 14 

Android 14 akan kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk Pixel, Samsung, Nothing, OPPO, OnePlus, dan model populer lainnya. 

Namun, tidak semua perangkat dari OEM ini akan didukung. Bagi mereka yang tertarik untuk menguji OS Android terbaru, Android 14 akan tersedia sebagai pratinjau pengembang pada Februari 2023.

Pratinjau Pengembang atau bahkan beta publik hanya akan tersedia untuk perangkat Pixel.

Jika Anda memiliki Pixel 4 atau yang lebih baru, Anda akan menikmati pratinjau awal, dan versi beta dari Android 14. Namun, jika Anda memiliki ponsel cerdas dari Samsung, OPPO, Xiaomi, atau lainnya, Anda harus menunggu sebentar untuk mendapatkannya memperbarui.

OEM ini biasanya membawa pembaruan 2-3 bulan setelah rilis resmi.

Nah, itulah informasi mengenai Android 14 kapan rilis. Anda bisa menyimak prediksi fitur terbaru dan daftar HP yang mendukung Android 14. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News