ads

Anda Wajib Tahu Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 25 Agustus 2021 | 09:42 WIB
Anda Wajib Tahu Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat daun singkong untuk kesehatan


MOMSMONEY.ID - Singkong termasuk sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung. Selain umbinya, daun umbi ini pun memberikan seguadang manfaat untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian terbitan Plant Foods for Human Nutrition, kandungan daun singkong sangat kaya akan nutrisi, bahkan melebihi tanaman lain seperti bayam. 

Daun singkong ternyata merupakan sumber protein yang cukup tinggi serta kaya akan serat. Selain tinggi protein, daun ketela pohonjuga mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan 109 mineral lainnya, seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium.

Baca Juga: Salah Satu Manfaat Bawang Bombay : Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Simak beragam manfaat daun singkong yang perlu Anda ketahui berikut ini. 

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun singkong ini masih berhubungan dengan serat. Mengonsumsi daun singkong pada batas tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Studi juga mencatat bahwa makanan yang kaya akan serat juga dapat menyehatkan jantung, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah. 

2. Mengatasi radang sendi

Daun singkong memiliki mineral magnesium yang cukup untuk mengatasi radang sendi. Kandungan mineral ini merupakan keempat terbanyak di dalam tubuh. Mineral ini menawarkan banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan. 

Anda yang menderita radang sendi (arthritis) mungkin bisa mendapatkan manfaat magnesium dari bahan makanan ini. Pasalnya, asupan magnesium yang cukup membantu mengembangkan dan memadatkan tulang. 

3. Mengobati diare

Daun singkong bisa mengatasi gangguan pencernaan lain, yaitu masalah diare. Hal ini dibuktikan penelitian dari Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang menjadi sumber protein yang cukup tinggi. Protein pada daun singkong ini mengandung vitamin B yang akan membantu tubuh membentuk sel-sel tubuh yang baru.

Sel-sel tubuh tersebut kemudian akan membentuk enzim yang dapat membantu sistem metabolisme tubuh. 

5. Mencegah gizi buruk

Meski sayur daun singkong tergolong sebagai makanan sederhana, manfaat makan daun singkong membantu memenuhi kebutuhan gizi. Hidangan ini mengandung total asam amino esensial yang mirip dengan jumlah protein pada telur ayam.

Bahkan, dibandingkan bahan makanan lain, seperti bayam, kacang kedelai, oat, dan beras, asam amino esensial pada daun singkong terbukti lebih tinggi.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Coklat dan Keju Jika Anda Menderita Migrain

Kandungan dan manfaat daun singkong memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Anda bisa masukkan dedaunan hijau ini dalam menu harian sebagai sayuran guna memperoleh khasiat bagi tubuh.

Selanjutnya: Sayur Kale, Super Food yang Memiliki Jutaan Manfaat untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER