HOME, Bugar

Anda Wajib Tahu! Inilah 10 Vaksin Covid-19 yang Dipakai di Indonesia

Anda Wajib Tahu! Inilah 10 Vaksin Covid-19 yang Dipakai di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Sekarang ini ada 10 jenis vaksin Covid-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan dari BPOM, untuk digunakan masyarakat luas sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. 

Masing-masing vaksin Covid memiliki mekanisme sendiri untuk pemberiannya, baik dari jumlah dosis, interval pemberian, hingga platform vaksin.

Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah pun mulai menambah jenis vaksin lainnya demi tercapainya target jumlah penduduk yang divaksinasi dan tercapainya kekebalan kelompok.  

Baca Juga: Berbagai Gejala Infeksi Omicron, Bergantung dari Dosis Vaksin dan Booster

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini 10 vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia:

1. Vaksin Sinovac

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia pertama adalah vaksin Sinovac. Vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd. yang diberi nama CoronaVac ini merupakan jenis vaksin inaktivasi.

Artinya vaksin berisi patogen yang sudah dimatikan, sehingga bisa merangsang terbentuknya sistem kekebalan tubuh tanpa menyebabkan penyakit.

Vaksin Sinovac diberikan sebanyak dua dosis dengan jarak waktu antara tiap pemberian minimal selama 28 hari.

2. Vaksin Sinopharm 

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia kedua adalah Sinopharm. Vaksin buatan China National Pharmaceutical Group Corporation ini juga merupakan vaksin inaktivasi yang menstimulasi sistem kekebalan tubuh tanpa risiko menyebabkan penyakit.

Sinopharm diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 3-4 minggu. 

3. Vaksin Astrazeneca

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia ketiga adalah vaksin Astrazeneca. 

Vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca, bekerja dengan cara membawa protein lonjakan ke dalam sel tubuh, sehingga sel-sel bisa membacanya dan membuat salinan protein lonjakan.

Sistem kekebalan tubuh kemudian akan belajar untuk mengenali dan melawan virus SARS-CoV-2. Sama seperti Sinovac, vaksin AstraZeneca juga diberikan sebanyak dua kali penyuntikan dengan jarak waktu pemberian antar dosis yaitu 12 minggu.

4. Vaksin Moderna

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia keempat adalah vaksin Moderna. Vaksin corona buatan Moderna ini diklaim memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen.

Vaksin ini berbasis mRNA yang bekerja dengan cara menginstruksikan sel untuk membuat protein linjakan, sehingga tubuh bisa menghasilkan respons kekebalan dan menyimpan informasi tersebut.

5. Vaksin Pfizer Inc dan BioNTech

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia kelima adalah Pfizer dan BioNTech. Vaksin ini juga sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM pada 15 Juli 2021 lalu.

Kedua vaksin ini mengklaim memiliki efektivitas 95 persen untuk menangkal virus corona, dan tidak menimbulkan risiko efek samping yang berarti.

Vaksin Pfizer diberikan sebanyak dua kali penyuntikan dengan interval antar dosis, yaitu 21-28 hari. 

6. Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia keenam adalah Vaksin Janssen. Vaksin ini juga digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian dosis tunggal atau sekali suntikan.

7. Vaksin Novavax

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia ketujuh adalah vaksin Novavax. Vaksin yang diproduksi di India ini menggunakan teknologi yang berbeda dengan vaksin-vaksin Corona lainnya.

Novavax yang diberikan sebanyak dua dosis, berisi protein untuk membawa fragmen virus corona yang tidak berbahaya untuk menghasilkan reaksi kekebalan.

8. Vaksin Sputnik V

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia kedeleapan adalah Vaksin Sputnik V. Vaksin ini mendapat izin dari BPOM untuk digunakan pada kelompok usia 18 tahun ke atas.

Vaksin ini diberikan secara injeksi intramuscular sebanyak 2 kali penyuntikan dengan rentang waktu 3 minggu.

Baca Juga: Cermati Gejala Omicron yang Banyak Dialami Penderitanya Berikut Ini

9. Vaksin Zifivax

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia kesembilan adalah Zifivax. Vaksin ini merupakan vaksin yang dikembangkan dan diproduksi oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical dengan platform rekombinan protein sub-unit.

Vaksin ini bisa digunakan pada orang berusia 18 tahun ke atas sebagai perlindungan dari virus SARS-CoV-2. Vaksin Zifivax diberikan sebanyak 3 kali suntikan dengan interval pemberian 1 bulan dari penyuntikan pertama ke penyuntikan berikutnya.

10. Vaksin Convidencia

Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia yang kesepuluh adalah vaksin Convidencia. 

Vaksin Convidecia merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc. dan Beijing Institute of Biotechnology yang juga merupakan vaksin vector dengan menggunakan Adenovirus.

Vaksin ini sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dan bisa digunakan pada kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian satu kali suntikan.

Itulah 10 jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia. Meskipun sudah divaksin, kamu masih tetap perlu menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi ini.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News